Tunggakan pelanggan PDAM capai Rp3,8 miliar

id pdam, tunggakan pelanggan, Perusahaan Daerah Air Minu, Rejang Lebong

Tunggakan pelanggan PDAM capai Rp3,8 miliar

Instalasi pengelolaan air PDAM (Antarasumsel.com/13/Nila Fuadi/Aw)

Rejang Lebong (Antarasumsel.com) - Tunggakan pelanggan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini mencapai Rp3,8 miliar.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur PDAM Rejang Lebong, Endang Usmansyah saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, total tunggakan pelanggan PDAM di daerah itu terhitung sejak 1982 lalu sampai saat ini mencapai Rp3,8 miliar.

"Kalau total tunggakan mulai dari tahun 1982 sampai saat ini mencapai Rp3,831 miliar. Sedangkan tunggakan khusus tahun 2017 sampai dengan pertengahan Februari lalu sebesar Rp1,444 miliar," katanya.

Untuk itu pihaknya saat ini tengah mengupayakan penagihan ke rumah-rumah pelanggan yang menunggak pembayaran rekening per bulan, selain itu mereka juga telah menjalin kerja sama dengan pihak Kejari Rejang Lebong terutama dalam memberikan penindakan berupa sanksi pemutusan pelanggan yang menunggak.

"Para pelanggan yang diputuskan ini kata dia, karena menunggak pembayaran rekening selama lebih dari tiga bulan, pelanggan ini juga sudah diberikan peringatan sebelum dilakukan pemutusan sambungan. Pelanggan yang sudah diputuskan dalam periode Januari dan Februari sudah ada 21 pelanggan," katanya.

Para pelanggan yang menunggak pembayaran rekening ini diberikan peringatan sebanyak tiga kali, dan karena tidak ada upaya untuk melunasi tunggakan akhirnya petugas di lapangan melakukan pemutusan sambungan ke rumah masing-masing pelanggan yang menunggak.

Dari 21 pelanggan yang dikenakan sanksi pemutusan sambungan ini tambah dia, tersebar dalam lima kecamatan yakni Kecamatan Curup, Curup Tengah, Curup Timur, Curup Selatan dan Kecamatan Curup Timur.

Pelanggan PDAM daerah itu yang diputuskan sambungannya lantaran menunggak rekening sepanjang 2016 lalu kata dia, sebanyak 268 sambungan. Pelanggan yang diputuskan ini tersebar dalam lima kecamatan di dalam kota yang jumlah keseluruhannya mencapai 7.000 sambungan dari total pelanggan PDAM Tirta Dharma yang tersebar dalam 13 kecamatan.