Dinas Sosial Sumsel bina penyandang disabilitas

id disabilitas, dinsos, dinsos sumsel, bina penyandang cacat, cacat

Dinas Sosial Sumsel bina penyandang disabilitas

Perhatian terhadap penyandang disabilitas. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

...Untuk membina penyandang disabilitas, pihaknya berupaya mengoptimalkan UPSK melakukan kegiatan yang dapat memotivasi penyandang disabilitas berkreasi dan mendapatkan pembinaan keterampilan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan berupaya melakukan pembinaan terhadap penyandang cacat atau disabilitas yang ada di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat agar bisa produktif walaupun memiliki keterbatasan kemampuan fisik.

Untuk membina penyandang disabilitas, pihaknya berupaya mengoptimalkan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK)
melakukan kegiatan yang dapat memotivasi masyarakat yang memiliki keterbatasan kemampuan fisik berkreasi dan mendapatkan pembinaan keterampilan sesuai dengan kondisi mereka, kata Plt Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Belman Karmuda, di Palembang, Kamis.

Menurut dia, dengan pengoptimalan UPSK itu, diharapkan dapat mendorong masyarakat yang memiliki keterbatasan kemampuan fisik (disabilitas) berkreasi dan memdapatkan pembinaan keterampilan sesuai dengan kondisi keterbatasan kemampuan fisik mereka.

Untuk mengoptimalkan UPSK, pihaknya akan meningkatkan kegiatan dengan mengunjungi suatu daerah hingga pelosok desa yang masyarakatnya banyak menjadi penyandang disabilitas.

Melalui kegiatan itu diharapkan para penyandang disabilitas mampu mandiri, bersemangat, serta dapat bersosialisasi dengan lingkungannya.

Selain itu diharapkan mereka dengan keterbatasan fisik merasa mendapat perhatian dan keberadaannya bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya, serta UPSK bisa memberikan kontribusi dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial, katanya.

Dia menjelaskan, untuk mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan UPSK di kabupaten dan kota dalam provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu, pihaknya menggandeng petugas Dinas Sosial masing-masing daerah yang dikunjungi.

Berdasarkan hasil kunjungan dan pertemuan dengan sejumlah kepala daerah di Sumsel, secara umum pemerintah daerah sangat mendukung pelaksanaan program UPSK karena mereka menilai dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan sosial dalam masyarakat dan memberikan semangat bagi penyandang disabilitas, kata Belman.