Kanwil Kemkumham Sumsel bekali narapidana dengan ketrampilan

id narapidana, Kanwil Kemkumham, membatik, menyulam, perbengkelan, membuat roti

Kanwil Kemkumham Sumsel bekali narapidana dengan ketrampilan

Ilustrasi. (Antarasumsel.com/Feny Selly/Aw)

Palembang (Antarasumsel.com) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan membekali narapidana warga binaan lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara di provinsi setempat dengan berbagai ketrampilan.

"Selain mendapatkan pembinaan mental, narapidana juga diberikan pelatihan ketrampilan sehingga bisa digunakan untuk mengisi kehidupan yang lebih baik setelah selesai menjalani hukuman," kata Kakanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) Sumatera Selatan Sudirman Daman Hury di Palembang, Rabu.

Menurut dia, narapidana yang menjalani hukuman di lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan negara (Rutan) yang tersebar di 17 kabupaten/kota provinsi itu dibina dengan berbagai ketrampilan sesuai dengan minat dan bakatnya.

Ketrampilan yang diberikan kepada para narapidana seperti membatik, menyulam, perbengkelan, membuat roti dan sejumlah ketrampilan lainnya termasuk ketrampilan memandikan jenazah sesuai dengan kondisi warga binaan serta lokasi lapas dan rutan.

Berdasarkan evaluasi pembinaan ketrampilan terhadap para narapidana yang telah dilakukan beberapa tahun terakhir, menunjukkan hasil yang cukup baik dan dirasakan manfaatnya oleh warga binaan.

Selain bisa dijadikan bekal untuk narapidana menjalani kehidupan selanjutnya setelah selesai menjalani hukumannya, kegiatan pelatihan ketrampilan tersebut bisa mengisi waktu selama menjalani pembinaan sehingga tidak merasa jenuh di dalam lapas dan rutan.

"Kemudian manfaat lain dari pelatihan keterampilan itu, memberikan dorongan kepada warga binaan agar lebih kreatif dan memperbaiki kehidupan dengan membangun usaha melalui ketrampilan yang diperoleh selama menjalani proses hukum dan pembinaan," kata Sudirman.