Realisasi kontruksi jembatan musi IV 39 persen

id Jembatan Musi IV, pembangunan, tiang panjacang

Realisasi kontruksi jembatan musi IV 39 persen

Ilustrasi- Pekerja memasang tiang pancang pembangunan Jembatan Musi IV . (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/)

Palembang (Antarasumsel.com) - Realisasi kontruksi fisik pembangunan Jembatan Musi IV, Palembang, sudah 39 persen per Februari 2017 atau sesuai proyeksi untuk mengejar target selesai Februari 2018.

Pejabat Pembuat Komitmen Pembangunan Musi IV, Suwarno di Palembang, Selasa, mengatakan, pekerja kini menyelesaikan perbaikan enam tiang pancang yang sempat ditabrak oleh perahu beberapa waktu lalu.

"Percepatan pembangunan akan terjadi jika kontruksi bagian bawah telah selesai (tiang pancang). Sama seperti pembangunan fly over atau LRT. Untuk bagian atas kontruksi, pengerjaan akan lebih cepat," kata dia.

Terkait pembangunan ini, sejauh ini tidak ditemukan kendala, hanya saja masih menjadi persoalan yakni adanya sebuah rumah aset Kodam II Sriwijaya masih berdiri di sekitar lokasi proyek dengan luas sekitar 1.200 meter persegi.

Untuk itu, pemerintah berharap akan mendapatkan dukungan dari pihak terkait.

"Bukan tukar guling atau ganti rugi, melainkan hibah, sebab proses pembangunan ini, pada dasarnya adalah untuk kemajuan kota Palembang," kata dia.

Kendala juga tidak dijumpai terkait dana. Pada 2016 proyek ini telah menelan dana Rp210 miliar, dan pada 2017 dianggarkan sebesar Rp159 milair dan masih bisa bertambah.

"Termin terakhirpendanaan dilakukan pada 2018 pada angka sekitar Rp100 miliar," kata dia.

Jembatan Musi IV dibangun untuk sisi hulu di Kelurahan 14 Ulu, Sungai Kangkang, dan sisi hilir di kawasan Pasar Kuto dengan panjang 635 meter, lebar 12 meter, dan tinggi 16,88 meter yang dihitung dari permukaan air sungai dengan titik terbawah jembatan.

Jembatan Musi IV akan berbentuk extradosed dan dinyakini memiliki kontruksi badan jembatan yang lebih kuat.

Pembangunan jembatan ini untuk mengurangi beban Jembatan Ampera yang sementara ini menjadi satu-satu akses menuju Kompleks Olahraga Jakabaring (Jakabaring Sport City).***1***

(T.D019/B/H005/H005) 21-02-2017 20:07:08