Deputi Gubernur BI resmikan galeri Tuan Kentang

id Rosmaya Hadi, Galeri Kain Tuan Kentang, bank indonesia, Harnojoyo, kain songket, tajung, blongket

Deputi Gubernur BI resmikan galeri Tuan Kentang

Ilustrasi- Kain songket (Antarasumsel.com/)

Palembang (Antarasumsel.com) - Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi meresmikan Galeri Kain Tuan Kentang di Kelurahan Tuan Kentang, Kecamatan Kertapati, Palembang, Jumat, dengan didampingi Wali Kota Palembang Harnojoyo.

Galeri yang mewadahi 20 penenun tradisional kain songket, tajung, blongket, dan jumputan ini diharapkan menjadi destinasi wisata belanja baru di Palembang.

Letak galeri yang persis di bantaran Sungai Musi diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Rosmaya dalam sambutannya mengharapkan semua pihak dapat bekerja sama untuk menjaga keberlangsungan galeri ini dalam kaitan meningkatkan kesejahteraan penenun tradisional.

"Galerinya sudah ada, tinggal lagi bagaimana pengembangannya ke depan. Bukan hanya menyediakan tempat untuk outletnya, harus juga memperhatikan bagaimana pemasaran, pemodalannya, dan produksinya," kata dia.

BI berharap kehadiran galeri ini dapat menjadi wadah para pelaku usaha tenun untuk berkreasi dalam memanfaatkan ajang Asian Games XVIII tahun 2018.

"Persoalan UMKM umumnya karena keterbatasan SDM, mereka kerap kurang percaya diri. Untuk perlu didongkrak kompetensinya, seperti memberikan pelatihan-pelatihan, misalnya pelatihan fashion," kata dia.

BI sangat mempriotaskan pengembangan sektor UMKM karena terbukti dapat bertahan dalam keadaan krisis ekonomi. Berdasarkan data bank sentral terdapat 57,9 juta UMKM dengan menyerap 107,7 juta tenaga kerja.

Wali Kota Palembang Harnojoyo menyatakan sangat berterima kasih kepada Bank Indonesia yang mau turun langsung membina pelaku UMKM.

"Pemkot sudah merencanakan akan memperbaiki dermaga yang persis berada di belakang galeri, sehingga para wisatawan dapat juga datang ke tempat ini menggunakan transportasi sungai jukung, tidak mesti lewat darat. Ini tentunya menjadi daya tarik sendiri," kata dia.