Film "silet dan surau" angkat tradisi lokal Minangkabau

id silet dan surau, mengangkat budaya lokal, Minangkabau, Sumatera Barat, Sutradara, Arif Malinmudo, Bukittinggi

Film "silet dan surau" angkat tradisi lokal Minangkabau

Film silet dan surau (Ist)

Bukittinggi (Antarasumsel.com) - Film berjudul "Silek dan Surau" akan hadir dengan mengangkat budaya lokal masyarakat Minangkabau Sumatera Barat tentang budaya pendidikan surau yang saat ini mulai jarang ditemui.

Sutradara Arif Malinmudo di Bukittinggi, Sabtu, mengatakan di antara sekian banyak tema lokalitas yang ada di Sumbar ia lebih tertarik pada hal ini karena surau merupakan pusat interaksi bagi anak-anak dan orang dewasa dalam berbagi ilmu.

"Pertemuan antara Minang muda dan Minang tua itu kan di surau, jadi disana akan terjadi regenerasi bagi anak-anak yang akan menginjak dewasa," katanya.

Selanjutnya Arif menjelaskan pada zaman dahulu surau merupakan lembaga pendidikan informal yang di dalamnya terdapat berbagai macam pelajaran, seperti pendidikan soal agama, adat dan juga bela diri.

Setiap anak-anak dahulunya akan menginap di surau, di sana mereka akan berinteraksi sesama di bawah bimbingan guru yang kemudian akan membentuk karakter dan watak mereka.

"Di surau akan terjadi interaksi dan ini semacam sebuah tradisi yang turun temurun, sebab guru-guru tersebut dahulunya juga melalui masa yang sama dengan anak-anak tersebut," kata Arif.

Ia menambahkan surau sebenarnya merupakan saksi dari perkembangan generasi muda Minang, disana mereka akan memperoleh bekal untuk kehidupan, apakah selanjutnya mereka akan pergi merantau atau untuk tetap menetap di kampung.

"Hal-hal inilah yang membuat saya lebih tertarik untuk menjadikan surau dan silek sebagai grand tema dalam film ini," kata dia.
Salah seorang masyarakat, Ridha Fauza (23) mengatakan sangat tertarik untuk menonton film ini, karena temanya sangat lokalitas dan begitu dekat dengan kebiasaan masyarakat Minangkabau.

"Dari info yang beredar di akun instagramnya film ini akan rilis pada bulan April mendatang, saya menunggu waktu tersebut," katanya.