Festival Indonesia kembali digelar di Moskow Agustus

id festival budaya, indonesia, Kedutaan Besar, Moskow, potensi Indonesia, kesenian indonesia

Festival Indonesia kembali digelar di Moskow Agustus

Ilustrasi- Kesenian dari Indonesia,Tari Bali (Antara)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) akan kembali menggelar Festival Indonesia di Moskow pada 4-6 Agustus 2017 untuk mempromosikan produk dan potensi Indonesia, seperti disampaikan dalam keterangan pers laman resmi Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Kamis.

"Indonesia akan kembali menggelar Festival Indonesia di Moskow, Rusia pada awal Agustus 2017. Festival Indonesia ini merupakan upaya diplomasi ekonomi Indonesia di Rusia," kata Staf Ahli Menteri Luar Negeri RI bidang Diplomasi Ekonomi, Ridwan Hassan.

Pernyataan tersebut disampaikan Ridwan dalam rapat koordinasi persiapan Festival Indonesia 2017 di Moskow. Pertemuan itu dihadiri oleh sekitar 140 orang peserta, yaitu perwakilan dari perusahaan dan asosiasi pengusaha yang bergerak di berbagai bidang, seperti kerajinan, kuliner, fesyen, komoditi pertanian dan holtikultura, logistik, dan pariwisata.

Selain itu, rapat koordinasi itu juga dihadiri oleh perwakilan dari beberapa pemerintah daerah serta kementerian dan lembaga.

Ridwan menyampaikan penghargaan atas upaya KBRI Moskow dalam penyelenggaraan Festival Indonesia dan mengharapkan festival tersebut dapat memberikan hasil nyata untuk peningkatan nilai ekspor Indonesia ke Rusia, serta peningkatan investasi dan wisatawan Rusia ke Indonesia.

"Besarnya peluang di Rusia bagi Indonesia terlihat dari ekspor Indonesia ke Rusia yang cenderung meningkat dalam dua tahun terakhir," ujar dia.

Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia, Wahid Supriyadi memaparkan pelaksanaan Festival Indonesia 2017 di Moskow dan berharap Festival Indonesia yang akan berlangsung pada 4-6 Agustus tersebut dapat dikunjungi 90 ribu warga Rusia.

Dubes Wahid menyebutkan, beberapa kegiatan yang akan dilakukan selama Festival Indonesia, antara lain temu bisnis, pameran produk dan pentas seni budaya Indonesia, dan layanan informasi tentang Indonesia.

Menurut Dubes Wahid Supriyadi, peluang pasar Rusia yang dapat dimanfaatkan Indonesia sangat besar, salah satunya melalui Festival Indonesia kedua. Untuk itu, KBRI Moskow mengundang para peserta dari Indonesia untuk ambil bagian dalam festival tersebut.

Festival Indonesia pertama telah berhasil diselenggarakan di Moskow pada 20-21 Agustus 2016. Meskipun persiapan yang cukup singkat, festival pertama mendapat sambutan dan antusias yang besar dari para peserta Indonesia dan warga Rusia yang berkunjung mencapai 68.297 orang.