Kadis Perdagangan minta Kabupaten laporkan kebutuhan pokok

id Permana, Kadis Perdagangan, sembako, kebutuhan bahan pokok, pemerintah kabupaten, pemerintah kota, Dinas Perdagangan

Kadis Perdagangan minta Kabupaten laporkan kebutuhan pokok

M Permana (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Kepala Dinas Perdagangan Sumatera Selatan Permana minta kepada pemerintah kabupaten dan kota untuk melaporkan kondisi kebutuhan pokok di daerah masing - masing.

Berapa jumlah kebutuhan pokok termasuk harganya dan itu harus dilaporkan secara berkala, kata Permana usai rapat teknis dengan Dinas Perdagangan Kabupaten dan Kota se- Sumsel di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pemerintah kabupaten dan kota juga harus mengetahui komoditas tersebut didatangkan dari mana termasuk kebutuhan masyarakat.

Itu harus dilaporkan dan jika perlu setiap hari supaya dapat mengantisipasi gejolak harga kebutuhan pokok, ujar dia.

Yang jelas dengan diketahui persediaan dan asal kebutuhan pokok itu maka bila ada kekurangan stok di suatu daerah dapat dikirim dari kabupaten yang melebihi, kata dia.

Dia mengatakan, selama ini diperkirakan kebutuhan pokok itu tidak merata karena belum terdata dengan baik.

Oleh karena itu pihaknya minta perdagangan kabupaten dan kota untuk melaporkan persediaan kebutuhan pokok di daerahnya masing - masing, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk melaporkan persediaan kebutuhan pokok itu pihaknya akan membuat group "WhatsApp" (WA).

Dengan adanya data akurat tersebut maka distribusi kebutuhan pokok akan merata, ujar dia.

Memang selama ini pendistribusian dan persediaa kebutuhan pokok tidak merata sehingga dapat mengakibatkan harga tidak stabil, tambah dia.