Senin, 25 September 2017

Palembang jadi prioritas pengembangan kawasan industri

id Permana, kawasan industri, Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api, Pemkot Palembang, Muaraenim, Penukal Abab Lematang Ilir, Lubuklinggau, Banyuasin, O
Palembang jadi prioritas pengembangan kawasan industri
Permana .(Antarasumsel.com/Feny Selly)
....Kawasan industri ini diharapkan mampu mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi seperti industri karet (crumb rubber), otomotif, dan sentra-sentra industri lainnya....
Palembang (Antarasumsel.com) - Kota Palembang menjadi prioritas pengembangan kawasan industri di Sumatera Selatan karena tak berapa lagi akan berdiri Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api di Banyuasin.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan Permana di Palembang, Senin, mengatakan sejauh ini Pemkot Palembang sedang mematangkan berdirinya Kawasan Industri Gandus seluas 300 hektare.

Selain Palembang, Disdag Sumsel juga mendorong lima kabupaten/kota lain yakni Muaraenim, Penukal Abab Lematang Ilir, Lubuklinggau, Banyuasin, Ogan Komering Ilir untuk mengembangkan kawasan industri.

"Kawasan industri ini diharapkan mampu mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi seperti industri karet (crumb rubber), otomotif, dan sentra-sentra industri lainnya," kata dia.

Menurutnya yang menjadi kendala pembangunan kawasan industri ini yakni ketersediaan dana dan pembebasan lahan.

"Saat pemilik lahan mengetahui rencana kawasan industri, rata-rata ingin mempertahankan lahannya. Ini kendalanya, tapi pemprov tetap optimistis nantinya Palembang akan memiliki kawasan industri karena akan ada KEK TAA," kata dia.

Sementara itu, Pemerintah Kota Palembang merencanakan Kawasan industri Gandus dapat terhubung dengan akses Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat mendongkrak keberadaan kawasan industri Gandus seluas 300 hektare yang sejak dua tahun lalu telah ditawarkan ke investor.

"Saat ini pemkot sedang berupaya bagaimana caranya agar exit (pintu masuk-keluar) Tol dapat menuju ke kawasan industri Gandus," kata Harnojoyo seusai rapat dengan perwakilan Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) dan investor PT Fauzi Panca Manunggal terkait akses jalan kawasan industri.

Ia mengatakan pemkot telah memproyeksikan dua kawasan industri yang akan dikembangkan pada masa datang yakni kawasan industri Gandus yang menjadi proyek kota baru (newtown) dan kawasan industri Keramasan.

"Namun, fokus terdekat yakni kawasan industri di Gandus. Pemkot saat ini berupaya menyediakan akses jalan, selain lahan. Nantinya di kawasan ini direncanakan akan ada pabrik, gudang, perkantoran, perumahan karyawan, dan lainnya," kata dia.

Pendirian kawasan industri ini diharapkan dapat mengimbangi pertumbuhan ekonomi Kota Palembang yang bergerak pesat sejak menjadi tuan rumah SEA Games tahun 2011.

Pada tahun mendatang bakal ada peningkatan investasi seiring dengan peran kota sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Berdasarkan data Penanaman Modal Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Palembang diketahui realisasi investasi Kota Palembang mencapai Rp4,1 triliun per November 2016 atau melampaui target secara tahunan sebesar 200 persen.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga