PHRI Sumsel minta pengelola Hotel-Restoran tingkatkan kualitas

id hotel, restoran, PHRI, kualitas pelayanan, fasilitas pendukung, Asian Games, kenyamanan konsumen, Herlan Aspiudin

PHRI Sumsel minta pengelola Hotel-Restoran tingkatkan kualitas

Ilustrasi- Kamar hotel . (traveloka.com)

Palembang (Antarasumsel.com) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan meminta pengelola hotel dan restoran di provinsi ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas pendukung menghadapi Asian Games 2018.

"Kualitas pelayanan dan fasilitas perlu tetap dipelihara dengan baik dan terus ditingkatkan guna memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa hotel dan penikmat makanan restoran," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel Herlan Aspiudin, di Palembang, Senin.

Menurut dia, pengelola hotel dan restoran jangan cepat puas dengan fasilitas yang dimiliki sekarang ini dan pelayanan yang telah berjalan dengan baik selama ini.

Begitu pula dengan sertifikasi standar kelas hotel yang telah dikantongi selama ini, karena jika kualitas pelayanan dan fasilitas suatu hotel menurun kelasnya juga akan diturunkan.

Sertifikasi standar kelas hotel memiliki batas waktu tiga tahun, jika masa batas waktunya berakhir akan ditinjau ulang oleh tim PHRI apakah masih tetap layak menyandang kelas yang diberikan semula atau justru diturunkan kelasnya.

Sebagai gambaran hotel yang telah mengantongi sertifikasi kelas bintang bukannya tidak mungkin bisa diturunkan hingga ke kelas melati jika standar mutu manajemen, pelayanan, dan fasilitas pendukungnya tidak dipelihara dengan baik atau kualitasnya merosot tajam.

Sebaliknya tim juga akan memberikan apresiasi kepada pengelola yang mampu meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas hotel dengan meningkatkan standar kelasnya, misalnya dari bintang satu ke bintang dua atau lebih tinggi sesuai dengan standar yang ditentukan, katanya.

Dijelaskannya, dalam rangka pembinaan dan memotivasi pengelola hotel dan restoran, sekarang ini tim PHRI sedang melakukan evaluasi atau penilaian terhadap hotel dan restoran yang tersebar di Kota Palembang dan 16 kabupaten/kota dalam wilayah Sumsel lainnya.

Hotel dan restoran yang telah memberikan pelayanan dan memiliki fasilitas cukup baik akan didorong untuk berkembang lebih besar, sedangkan yang memiliki fasilitas dan pelayanan yang kurang baik akan dilakukan pembinaan.

Melalui upaya tersebut diharapkan hotel di daerah ini dapat memberikan pelayanan terbaik dan pengelola restoran bisa menyediakan makanan yang sehat, bersih, dan lezat kepada wisatawan lokal dan mancanegara, serta atlet dan tamu undangan lainnya pada saat Asian Games tahun depan, kata Herlan.