Gubernur resmikan kampung Al Munawar tempat wisata

id Al Munawar, tempat wisata, gubernur sumsel, alex noerdin, keturunan Arab, kelurahan 13 Ulu, budaya Arab

Gubernur resmikan kampung Al Munawar tempat wisata

Rumah-rumah kayu di Kampung Al-Munawar masih berdiri umurnya ratusan tahun (Ist)

Palembang (Antarasumsel.com) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meresmikan Kampung Al Munawar Palembang sebagai tempat wisata karena areal tersebut cukup menarik.

Kampung yang dihuni masyarakat keturunan Arab tersebut cukup layak dijadikan kampung wisata, kata gubernur usai meresmikan Kampung Al Munawar sebagai lokasi wisata di Palembang, Sabtu.

Lebih lanjut dia mengatakan, Kampung Al Munawar kawasan pemukiman yang dihuni yang berada di kelurahan 13 Ulu Palembang sangat menarik.

Keindahan arsitektur rumah panggung berusia lebih dari 250 tahun sehingga kampung tersebut menjadi salah satu objek wisata andalan Kota Palembang, ujar dia.

Dia mengatakan, bukan itu saja tetapi di kampung tersebut beragam budaya Arab yang sudah menyatu dengan budaya lokal seperti peringatan Isra Miraj, shalawat maulid nabi dan 20 malam penutupan juga menjadi keunikan.

Belum lagi kuliner Timur Tengah dipadu dengan kopi khas Kampung Al Munawar yang sayang untuk dilewatkan, ujar dia.

Jadi kampung ini saya anggap sudah layak untuk menjadi salah satu destinasi wisata, kata dia.

Sementara Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gede Pitane mengatakan, masyarakat harus mengubah cara fikir bahwa antara pariwisata dengan unsur lainnya selalu berdampingan.

Dia mengatakan, antara pariwisata dan budaya bisa berdampingan bersama-sama begitu juga kegiatan religi berjalan seiring.

Oleh karena itu dimanapun juga suatu tempat wisata jika semakin dikunjungi tentu akan semakin dilestarikan termasuk juga Kampung Al-Munawar setelah diresmikan ini, tambah dia.