Ranking Webometrics Universitas Bina Darma meningkat

id webometrics, peringkat universitas dunia, ranking perguruan tinggi, universitas bina darma, ubd

Ranking Webometrics Universitas Bina Darma meningkat

Wakil Rektor UBD Palembang Dr.Sunda Ariana MPd. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Prestasi yang telah dicapai tersebut tidak hanya harus dipertahankan, tetapi menjadi tantangan bagi civitas akademika UBD untuk meningkatkannya pada posisi yang lebih baik...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Universitas Bina Darma Palembang, Sumatera Selatan, terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan melengkapi fasilitas perkuliahan sebagai upaya memperbaiki peringkat jajaran lembaga pendidikan tinggi terbaik nasional dan dunia.

"Berdasarkan situs peranking universitas dunia `Webometrics` kampus ini mengalami peningkatan ranking yakni masuk peringkat 57 di Indonesia dan 4.752 dunia," kata Wakil Rektor Universitas Bina Darma (UBD) Dr Sunda Ariana, di Palembang, Sabtu.

Peringkat `Webometrics` yang diraih tahun ini sedikit meningkat dari tahun sebelumnya yang berada pada posisi
79 di Indonesia dan 4.780 dunia, katanya.

Menurut dia, peringkat yang telah diraih perguruan tinggi swasta dirintis sejak tahun 1994 itu merupakan suatu prestasi yang patut dibanggakan, mengingat untuk masuk peringkat tersebut tidak gampang.

Prestasi yang telah dicapai tersebut tidak hanya harus dipertahankan, tetapi menjadi tantangan bagi civitas akademika UBD untuk meningkatkannya pada posisi yang lebih baik, katanya.

Dia menjelaskan, dengan terus meningkatkan kualitas, universitas yang telah meluluskan lebih dari 17 ribu sarjana (S-1) dan pascasarjana (S-2) itu diharapkan tidak hanya mampu meningkatkan peringkat "Webometrics", tetapi juga mendapatkan kepercayaan masyarakat yang lebih besar.

Dalam peringkat Webometrics untuk perguruan tinggi di dunia dan Indonesia hingga 2017 ini, UBD berada beberapa peringkat di bawah Universitas Bengkulu (Indonesia peringkat 55, dunia peringkat 4.711), dan Universitas Negeri Gorontalo (56 Indonesia, 4.748 dunia).

Dengan meningkatnya peringkat universitas ini dalam jajaran peringkat lembaga pendidikan tinggi tersebut, diharapkan jumlah mahasiswa baru yang mendaftar pada tahun akademik 2017/2018 mengalami peningkatan.

Sekarang ini setiap tahun masuk mahasiswa baru sekitar 2.000 orang yang berasal dari berbagai daerah di Sumsel dan provinsi tetangga, bahkan sekarang ini tercatat ada beberapa mahasiswa dari luar negeri.

Kualitas sebuah perguruan tinggi merupakan salah satu penilaian masyarakat dalam menentukan pilihan tempat yang tepat untuk menitipkan putra-putrinya melanjutkan pendidikan tinggi.

Berdasarkan kondisi tersebut, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas universitas ini dan mencetak alumni yang siap pakai, sehingga ke depan pengakuan dunia internasional serta kepercayaan masyarakat semakin besar, ujar Sunda.