Warga Mesuji minta kerusakan jalan segera diperbaiki

id jalan rusak, Mesuji, Lampung, jalan perdesaan, rusak parah

Warga Mesuji minta kerusakan jalan segera diperbaiki

Ilustrasi- Jalan rusak. (Antarasumsel.com/Ellyvon/Parni)

Mesuji, Lampung (Antarasumsel.com) - Para pengguna jalan di Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung mendesak pemerintah daerah setempat segera memperbaiki jalan-jalan perdesaan karena kondisinya makin rusak parah.

Menurut sejumlah warga Mesuji, Jumat, kondisi jalan di wilayah  tujuh kecamatan Kabupaten Mesuji umumnya rusak, bahkan beberapa ruas jalan rusak parah sehingga sulit dilintasi kendaraan bermotor, baik roda empat maupun sepeda motor.

Menurut warga itu, kerusakan jalan itu bukan hanya menimpa jalan provinsi, tetapi juga jalan-jalan di kawasan perdesaan dan kecamatan, sebagian di antaranya tidak bisa lagi dilewati kendaraan bermotor.

Kabupaten Mesuji memiliki  105 desa dengan 7 kecamatan.

Kerusakan jalan kabupaten di wilayah 7 kecamatan itu, salah satunya terjadi di Sungai Buaya, Kecamatan Rawajitu Utara yang dikeluhkan warga setempat sudah parah.

Sedangkan kondisi jalan kabupaten di wilayah Kecamatan Mesuji Timur, dikeluhkan warga setempat sudah seperti kubangan karena badan jalan dalam kondisi hancur.

Selain itu, kerusakan jalan juga terdapat di wilayah kecamatan Mesuji lainnya dikeluhkan pula oleh warga setempat, terutama saat musim hujan seperti saat ini.

"Jalan yang relatif baru dibangun dan sudah diperbaiki saja sudah rusak lagi, apalagi jalan lama yang belum diperbaiki, kondisinya sangat memprihatinkan, terutama ruas jalan yang ada kawasan perdesaan di Mesuji ini," kata  Yayan, salah satu warga Mesuji.

Kerusakan jalan itu juga terjadi di Wiralaga terutama yang ada di pedalaman. Saat musim hujan, jalan yang setiap hari sebagai sarana transportasi warga mengalami kerusakan parah.

Kerusakan perdesaan pada sejumlah kecamatan di Mesuji, dikeluhkan warga karena menghambat kelancaran transportasi warga di daerah ini.

"Kami sangat prihatin dengan kondisi jalan yang ada di daerah kami ini," ujar Mat Jaya, warga Mesuji.

Dia berharap, warga setempat dapat sepenuhnya menikmati pembangunan jalan yang layak seperti di kabupaten-kabupaten lainnya di Lampung.

Apalagi Kabupaten Mesuji penduduknya mayoritas kaum buruh dan petani yang memerlukan kondisi jalan baik untuk menunjang transportasi dan kemajuan ekonomi bidang pertanian dan perkebunan.

Menurutnya, kondisi jalan rusak sangat berpengaruh pada harga hasil pertanian, sebab biaya transportasinya lebih mahal ketimbang harga hasil panen.