Perbaikan harga komoditas dongrak pertumbuhan ekonomi Sumsel

id M Seto Pranoto, ekonomi, batubara, pertumbuhan ekonomi, bank indonesia, komoditas ekspor, Direktur Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang,

Perbaikan harga komoditas dongrak pertumbuhan ekonomi Sumsel

Terminal batu bara ( ANTARA)

Palembang (Antarasumsel.com) - Perbaikan harga komoditas ekspor batu bara telah mendongkrak pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan ke angka 5,03 persen pada 2016 setelah sempat tergerus di angka 4,42 persen pada 2015.

Deputi Direktur Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia Perwakilan Sumsel M Seto Pranoto di Palembang, Selasa mengatakan capaian ini patut disyukuri karena telah melampaui proyeksi Bank Indonesia yang hanya memperkirakan di kisaran 4,9 persen.

"Tentunya angka 5,03 persen itu sangat bagus karena jika kami membandingkan dengan daerah-daerah lain yang bertumpu pada komoditas ekspor maka Sumsel jauh lebih baik, unggul," katanya.

Seto menerangkan pencapaian pertumbuhan ekonomi yang melampaui proyeksi itu membuat BI semakin optimistis bahwa daerah ini akan menembus angka 6,0 persen pada 2017.

Kepercayaan akan kinerja Sumsel ini tak lain karena banyaknya investasi yang masuk terkait dengan peran Kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

"Sangat mungkin Sumsel bisa di atas 6 persen, sejauh ini BI belum melakukan revisi masih melihat perkembangannya," kata dia.

Badan Pusat Statistik merilis pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan sepanjang 2016 tercatat 5,03 persen atau melebihi capaian 2015 yang mencetak 4,42 persen.

Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisa Statistik BPS Sumatera Selatan Puji Agus Kurniawan mengatakan, pertumbuhan ekonomi mampu melewati angka lima persen itu karena terjadi pertumbuhan sektor pertambangan dan penggalian yang membukukan persentase 19,89 persen atau tertinggi dari sektor lain.***3***



(T.D019/B/S025/C/S025) 07-02-2017 17:11:58