Indonesia miliki sumber kekuatan riset

id riset, sdm, lembaga penelitian, Mahasiswa, dosen, infrastruktur riset

Indonesia miliki sumber kekuatan riset

Ilustrasi (Ist)

Depok (Antarasumsel.com) - Manajer Riset Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI) Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T., M.Kom menyatakan Indonesia memiliki sumber kekuatan riset melalui sumber daya dengan jumlah penduduk melimpah menjadi modal berharga pelaku riset nasional.

"Kegiatan riset dapat digiatkan melalui perguruan tinggi dan lembaga penelitian. Mahasiswa, dosen, dan peneliti menjadi pionir riset," kata Wisnu dalam Orasi Ilmiahnya berjudul "Globalisasi dan Integrasi dalam Meningkatkan Budaya Riset di Universitas Indonesia untuk Kemajuan Bangsa Indonesia", pada acara Wisuda dan Dies Natalis UI 2017 di Balairung UI Depok, Sabtu.

Akan tetapi, katanya, ada beberapa kendala dihadapi Indonesia diantaranya belum seimbangnya kegiatan pengajaran dan riset di perguruan tinggi, dana riset yang terbatas, serta infrastruktur riset yang belum memadai.

Keadaan tersebut tidak serta merta menyurutkan semangat riset Indonesia karena beberapa peluang juga dimiliki. Peluang integrasi baik antardisiplin ilmu di perguruan tinggi serta integrasi ABG-C (academic, bussiness, goverment, dam community) memungkinkan riset berkembang maksimal.

Salah satu riset yang sedang dikembangkan yaitu riset telehealth yang dilakukan Fasilkom UI bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran, fakultas-fakultas lain di UI serta universitas di luar negeri," katanya.

Riset tersebut diharapkan dapat menuju arah inovasi dalam wadah konsorsium. Oleh karenanya, globalisasi dan integrasi yang dilakukan dapat menghasilkan riset berkelas demi kemajuan bangsa Indonesia, jelas Wisnu.

Dr. Wisnu merupakan Duta Ilmu Pengetahuan Nasional 2014, Penerima Habibie Award 2015, dan Manajer Riset Fakultas Ilmu Komputer UI. Wisnu Jatmiko melakukan riset yang tidak kurang 100 artikel ilmiah telah terpublikasi internasional.

Selain itu, beliau juga penulis 11 buku tentang teknologi rekayasa praktis seperti Sistem Informasi Zakat, Iintegrated Traffic Intelegent System, Tehnik Biomedis, Robotika; implementasi Embeded System menggunakan Beagleboard, Prototype Sistem Pengaturan Lalulintas, Robot Lego Mindstroms.

Beberapa produk yang telah Wisnu Jatmiko hasilkan antara lain: Simulator Robot pencari asap, sistem telehealth pertumbuhan janin (USG jarak jauh), sistem pengaturan lalulintas terdistribusi, E-Cardio Deteksi Dini Penyakit Jantung, Sistem Informasi Zakat dan Kompresi EKG 12 Lead.