Pedagang: Kasus Ahok akibatkan anjloknya bisnis Imlek

id imlek, pedagang, Pasar Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, penurunan omzet, unjuk rasa, kasus penistaan agama, orang takut ke luar, pernak-pernik I

Pedagang: Kasus Ahok akibatkan anjloknya bisnis Imlek

Pernak-pernik Imlek (Antarasumsel.com/Feny Selly/I016)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Seorang pedagang di Pasar Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, mengeluhkan penurunan omzet menjelang Imlek akibat unjuk rasa kepada Gurbenur Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait kasus penistaan agama.

"Omzet tahun ini jauh dari tahun kemarin. Sepi banget. Ya, mungkin karena adanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Jadi orang-orang takut ke luar rumah karena diisukan demo yang semakin sering terjadi di jalan-jalan," kata Alamsyah, seorang pedagang pernak-pernik Imlek yang ditemui Antara, Kamis.

Alamsyah mengaku sudah berjualan sejak tiga minggu lalu karena sebelumnya berprofesi ojek online. Walaupun sudah banyak konsumen, omzet belum juga mencapai target. Selain itu, ia mengatakan harga perlengkapan Imlek tahun ini lebih mahal dari tahun lalu sehingga banyak konsumen yang melakukan tawar-menawar padahal harga dari agen memang sudah meningkat.

"Kira-kira saya sudah mendapatkan Rp50 juta, sedangkan modal saya lebih dari Rp50 juta. Targetnya itu lebih dari Rp70 juta. Masih banyak banget kurangnya," keluh Alamsyah.

Sementara itu, pendapat berbeda dikemukakan oleh penjual baju Imlek. Yati yang mengatakan omzetnya naik dibanding dengan tahun lalu.

"Kalau saya, Alhamdulillah lebih baik omzetnya dari tahun kemarin. Tapi memang, ramainya mepet hari-hari terakhir menjelang Imlek. Kasus Ahok memang berpengaruh juga seperti kemarin saat sidang, pasar ini menjadi sepi tetapi besoknya ramai," jelas Yati.

Harga baju  Imlek yang ditawarkan Yati berkisar Rp30ribu-Rp60ribu per potong sedangkan untuk pernak-pernik Imlek yang dijual Alamsyah untuk harga amplop angpao Rp10ribu per tiga bungkus, lampion sekitar Rp200ribu, gambar tempel Rp50ribu, dan kembang kisaran Rp600ribu-Rp700ribu.

Dari pantauan Antara pada Kamis pagi, sekitar 11.00 WIB terlihat cukup banyak konsumen yang meramaikan Pasar Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat untuk membeli kebutuhan jelang Imlek yang tahun ini jatuh pada Sabtu, 28 Januari 2017.

Pusat Bisnis Glodok memang sudah menjadi tempat favorit berbelanja warga Tionghoa yang merayakan Imlek.