Pemprov berupaya ada daerah layak anak

id pemprov, pemprov sumsel

Pemprov berupaya ada daerah layak anak

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya supaya ada kabupaten dan kota di provinsi itu memiliki daerah layak anak.

Memang banyak kreteria yang harus dipenuhi sehingga pemerintah provinsi terus mendorong, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumsel Susna Sudarti di Palembang, Kamis.

Ia mengatakan, syarat yang harus dipenuhi antara lain taman bermain bagi anak, pembangunan yang berpihak kepada anak.

Menurut dia, sekarang ini sudah ada kabupaten dan kota yang menyiapkan tempat bermain bagi anak, namun belum bisa disebut sebagai daerah layak anak.

Hal ini masih banyak persyaratan yang harus dipenuhi supaya kabupaten dan kota dapat dikategorikan layak anak, kata dia.

Sehubungan itu pemerintah provinsi terus berupaya supaya di kabupaten atau kota ada memilili daerah layak anak.

Yang jelas menjadi suatu kota layak anak itu harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya harus memenuhi 31 hak anak dan lainnya.

Selain itu, menjadi kota layak anak itu haruslah ada kebijakan berpihak kepada anak, seperti pembangunan yang dinikmati semua anak.

Memang, lanjut dia, untuk mewujudkan itu tidaklah mudah sehingga perlu dukungan bersama.

Yang jelas pihaknya terus berupaya dan mendorong agar kabupaten dan kota di daerah ini ada sebagai daerah layak anak, tambah dia.