Petani mulai bergairah harga karet naik

id karet, petani, harga karet, buah kelapa sawit, harga jual komoditas, terakhir anjlok, berangsur naik, menyadap karet, harga getah

Petani mulai bergairah harga karet naik

Petani menderes getah pohon karet (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Para petani di Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan mulai bergairah, karena harga karet termasuk buah kelapa sawit yang selama beberapa tahun terakhir anjlok, sekarang berangsur naik.

"Kami sejak dua pekan terakhir kembali menyadap karet, karena harga jual komoditas itu di pasaran sudah berangsur naik," kata Robi, salah satu petani di Baturaja, Rabu.

Menurut dia, harga getah karet sekarang ini sudah di atas Rp10.000 per kilogram, berbeda dengan kondisi bulan Desember 2016 lalu jauh di bawah itu kisaran Rp7.000 per kg.

Selain kebun karet walaupun tidak terlalu luas kisaran satu hektare, ia mengaku juga memiliki kebun sawit dua hektare lebih.

Kebun kelapa sawit yang dimilikinya juga sudah sejak dua tahun terakhir telah panen, walaupun harga jual buah sawit belum terlalu tinggi kisaran 1.500 hingga Rp1.700 per kg, lumayan sudah ada kenaikan dibanding kondisi bulan Desember lalu hanya Rp700-an per kg.

Hanya saja, kata dia, naiknya harga buah sawit itu tidak diimbangi dengan hasil panen para petani.

Hal itu, karena pada Januari, Februari dan Maret nanti hasil panen diperkirakan tidak terlalu banyak.

"Jadi harga mahal, namun hasil sawitnya sedikit. Biasanya nanti pada April hasil panen buah sawit lebih banyak, karena sudah memasuki musim panen," katanya.

Ia berharap, harga buah sawit dan karet terus berangsur naik, minimal bertahan saja sudah bagus.

Khusus petani karet saja, dengan kondisi harga jual sekarang ini sudah merasa senang, karena hasil yang didapat dari menyadap sudah mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Menurut Rudi, salah satu petani asal Desa Pusar OKU bahwa sekarang ini kenaikan harga jual karet melegakan, karena sudah sebanding dengan harga barang kebutuhan pokok yang dibeli di pasaran.

Ia mengaku, walaupun hanya memiliki kebun karet tidak terlalu luas, dengan kondisi harga jual sekarang ini cukuplah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.