Usaha bibit buah di Palembang menjanjikan

id buah, bibit buah-buahan

Usaha bibit buah di Palembang menjanjikan

Petani penyedia bibit buah (Antarasumsel.com/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Usaha penyedia bibit aneka buah-buahan di Palembang, ternyata menjanjikan, sehingga dimanfaatkan oleh sejumlah warga menekuni usaha tersebut.

"Meninggkatnya permintaan bibit aneka tanaman buah-buahan dari pelanggan pada awal bulan Januari 2017, memberikan peluang para pengusaha khusus menyediakan jenis komoditas tersebut," kata Talim, salah satu pengusaha yang mangkal di pinggir jalan Noerdin Panji Palembang, Minggu.

Menurut dia, usaha pembibitan tanaman buah-buahan  yang tersedia di depotnya beragam jenis yang dipasok dari Lampung, Medan juga dari Majalengka digelutinya sejak tahun 1990.

"Bibit tanaman yang kita beli dari Majalengka seperti bibit mangga cokanan Rp60 ribu/batang. Keunggulan bibit mangga asal Thailand ini bisa tiga kali berbuah dalam setahun.

Untuk jenis durian montong harga jualnya Rp150 ribu hingga Rp250 ribu/bibit ukuran 1,5-2 meter. Durian ini bisa berbuah dalam waktu lima tahun perawatan dengan menggunakan pupuk.

Sementara untuk tanaman Lengkeng ukuran satu meter Rp75 ribu hingga Rp150 ribu per batang, namun ada juga harganya hingga jutaan rupiah khususnya yang sudah berbuah dan tingginya 1,80 meter.

Begitu juga dengan tanaman jambu air madu yang berasal dari Medan dijual 
Rp75 ribu/perbatang, bibit manggis dari stek sambungan harganya Rp250 ribu per batang dan untuk bibit belimbing dijual Rp25 ribu  per batang, katanya.