Siapkan UNBK ratusan siswa SMA Negeri 14 ikuti simulasi

id sma 14 palembang, siswa, siswi, unbk

Siapkan UNBK ratusan siswa SMA Negeri 14 ikuti simulasi

Para siswa dan siswi SMA Negeri 14 Kenten Palembang mengikuti simulasi UNBK, Jumat (20/1) (Antarasumsel.com/17/Banu S/I016)

Palembang (Antarasumsel.com ) - Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Kenten Palembang melakukan program simulasi yang diikuti sebanyak 270 siswa dan siswi sebagai persiapan untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

'Simulasi bagi siswa ini diharapkan dapat lebih memantapkan dan mempersiapkan siswa dan siwsi SMA Negeri 14 dalam menghadapi UNBK," kata Kepala Sekolah SMA Negei 14 Palembang Hang Tuah, Jumat.

Siswa harus dilatih dengan sistem UNBK agar mereka bisa menerapkan aplikasi ujian berbasis komputer. Siswa mengikuti simulasi selama  empat hari pembekalan sebelum penerapan ujian nanti, terangnya.

Mata pelajaran yang akan diterapkan dalam pembekalan simulasi sesuai dengan program pendidikan pusat. Mata pelajaran ujian nasional yang dipersiapkan antara lain bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan matematika, untuk semua jurusan baik IPA maupun IPS.

Sementara untuk jurusan IPA pada ujian sekolah bisa memilih mata pelajaran yaitu biologi, fisika atau kimia. Begitu juga jurusan IPS bisa memilih mata pelajaran ekonomi, sosiologi atau geografi.

Total siswa SMA Negeri 14 Palembang yang akan mengikuti simulasi Ujian Nasional sebanyak 270 peserta. Untuk ujian Usbn nanti tidak memakai sistem ujian berbasis komputer, masih menggunakan lembar kertas jawaban, ujarnya.

Guna mendukung suksesnya pelaksanaan UNBK telah disiapkan komputer sebanyak 100 unit. Sedangkan jaringan internet memakai paket indihome. Untuk anggaran internet yang dibutuhkan Rp 420.000/bulan.

Target pada saat pelaksanaan tidak ada keluhan bagi siswa maka dilakukan to 2 kali dan simulasi.

Untuk target nilai UN rata-rata harus 5,5 agar siswa bisa ikut seleksi ke perguruan tinggi negeri, namun jika kurang dari nilai tersebut mereka hanya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi swasta. Capaian akreditasi sekolah SMA Negeri 14 Palembang A, jelas dia.

Mutia dan Anggi, siswi kelas XII menjelaskan bahwa dengan simulasi ini akan membuat mereka siap mengikuti ujian Nasional. Untuk persiapan UN mereka selain belajar di rumah juga menerapkan belajar kelompok.