Kapolri tetapkan Polda Kepri tipe A

id Tito Karnavian, Kapolri Jenderal Polisi, tipe A, Lapangan Utama, Polda Kepri, Nongsa Batam,

Kapolri tetapkan Polda Kepri tipe A

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (ANTARA FOTO)

Batam (Antarasumsel.com) - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memimpin upacara peningkatan tipe Polda Kepri dari B menjadi A di Lapangan Utama Polda Kepri, Nongsa Batam, Jumat pagi.

Peningkatan tipe itu ditandai dengan penyerahan Pataka Seligi Sakti Marwah Negeri dari Kapolri kepada Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian. Meskipun hujan, upacara berlangsung hikmat.

Upacara tersebut dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, Wakapolri Komjen Pol Syafruddin, serta sejumlah petinggi di lingkungan Mabes Polri.

"Sebenarnya keputusan kenaikan tipe ini kalau tidak salah Desember (2016). Namun pengukuhannya menunggu Kapolda dan Wakapolda naik pangkat dulu," kata Tito Karnavian.

Polda Kepri sebelumnya masih dipimpin oleh jenderal bintang satu (Brigjen Pol) Sam Budigusdian, sejak Desember 2016 Sam mendapatkan kenaikan pangkat menjadi jenderal bintang dua (Irjen Pol).

Sementara Wakapolda Kepri yang awalnya berpangkat Kombes Pol, saat ini sudah naik pangkat menjadi jenderal bintang satu (Brigjen Pol).

Kenaikan tipe itu juga diikuti dengan pembentukan Polres Kepulauan Anambas yang sebelumnya di bawah Polres Natuna meskipun sudah menjadi kabupaten tersendiri sejak 2008.

"Dengan kenaikan tipe ini secara bertahap personelnya akan ditambah sesuai dengan kebutuhan. Meskipun umumnya personel unuk tipe A di atas 10.000 orang, namun yang pasti harus sesuai kebuuhan. Jangan sampai personel banyak tapi nganggur," kata Tito.

Tito juga minta agar segala bentuk pelayanan bagi masyarakat ditingkatkan oleh jajaran Polda Kepri sehingga tingkat kepercayaan masyarakat meningkat.

Selain itu Tito juga minta Kapolda Kepri meningkatkan kerja sama dan koordinasi dengan instansi-instansi lain agar semakin maksimal dalam menjalankan tugas.

"Tantangan ke depan semakin berat. Jadi perlu meningkatkan kerja sama dan sinergi untuk menjalankan tugas secara baik," kata dia.