142 tim ikut Minangkabau Cup 2017

id Minangkabau Cup, turnamen, Pelaksana Turnamen, Tria Suprajeni, Padang, Solok Selatan, Pasaman Barat, perubahan sistem

142 tim ikut Minangkabau Cup 2017

Pertandingan sepakbola. ((ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/Ang)

Padang (Antarasumsel.com) - Sebanyak 142 tim yang berasal dari kecamatan se-Sumatera Barat siap tanding pada turnamen Minangkabau Cup 2017 yang digelar dari 12 Februari hingga 21 Mei.  
"Jika dilihat dari total kecamatan yang ada di Sumbar sebanyak 142 tim ini hanya dari Kabupaten Solok Selatan dan Pasaman Barat yang belum mendaftar. Kami akan memberi target satu minggu untuk kedua daerah tersebut," kata Ketua Pelaksana Turnamen Minangkabau Cup, Tria Suprajeni di Padang, Selasa.

Ia menargetkan peserta untuk tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, walaupun ada beberapa perubahan sistem dari turnamen ini.

"Di tahun sebelumnya jumlah peserta 157 tim, kami optimistis jumlah peserta tahun ini akan meningkat," katanya.

Ia menjelaskan salah satu perubahan yakni pada putaran final yang memakai sistem kuota. Pada kalau tahun lalu masing-masing daerah mengirimkan satu tim untuk tanding di putaran final. Pada tahun ini panitia menetapkan kuota per daerah.

Ia menyebutkan daerah yang diikuti dua sampai delapan tim mendapat jatah satu tim lolos ke putaran final. Daerah yang diikuti sembilan sampai 14 mendapat jatah lolos dua dan di atas 14 tim mendapat jatah lolos tiga tim.

Dengan demikian jumlah peserta pada putaran final akan bertambah, dari 18 tim di tahun lalu menjadi 32 tim yang nantinya akan dibagi dalam delapan grup. Delapan grup tersebut sudah ada daerahnya.

"Tahun lalu, putaran final dilaksanakan di Padang. Tahun ini, dilaksanakan di daerah tuan rumah. Ada delapan daerah sudah kami tetapkan sebagai tuan rumah, yaitu Limapuluh Kota, Tanah Datar, Bukittinggi, Agam, Sijunjung, Kabupaten Solok, Padang Pariaman dan Padang," katanya.

Juara grup pada masing-masing grup akan lolos ke babak delapan besar. Jumlah tersebut akan dibagi ke dalam dua grup.

"Babak delapan besar masih akan menggunakan sistem tuan rumah. Tapi siapa tuan rumahnya belum kami tetapkan," lanjutnya
Aturan pemain juga mengalami perubahan setiap tim maksimal harus mendaftarkan 24 pemain dengan rincian pemain kelahiran tahun 1999-2000 sebanyak empat pemain dan satu kiper, pemain kelahiran tahun 1997-1998 sebanyak 12 pemain dan dua kiper dan pemain kelahiran 1994-1996 sebanyak lima orang.

Turnamen antar kecamatan ini sebelumnya dikenal dengan nama Irman Gusman Cup. Untuk tahun ini panitia memutuskan untuk mengubah namanya menjadi Minangkabau Cup 2017.