Disdik mulai pendataan peserta ujian nasional

id un, ujian nasional, peserta un

Disdik mulai pendataan peserta ujian nasional

Peserta ujian nasional (Foto: antarasumsel.com/Nova Wahyudi/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Dinas Pendidikan Kota Palembang Sumatera Selatan mulai melakukan pendataan siswa SD dan SMP peserta ujian nasional tahun 2017 untuk berbasis komputer maupun manual.  

"Dinas Pendidikan (Disdik) sudah memulai pendataan dimana sekolah-sekolah terkait mengumpulkan data siswanya untuk nanti kami kelola," kata Sekretaris Dinas Pendidikan setempat, Karim Hasyim, di Palembang, Senin.

Ia mengatakan, tidak semua SMP di Kota Palembang menerapkan ujian nasional berbasis komputer (UNBK),  mengingat keterbatasan fasilitas yang ada, terutama sekolah berada di wilayah pinggiran kota.

Menurut dia,  dari 58 SMP yang ada di Kota Palembang,  ada 40 sekolah yang bisa melaksanakan UNBK, baik dengan fasilitas komputer sendiri maupun menumpang di sekolah lain.

Dinas Pendidikan sendiri akan meminta sekolah-sekolah peserta UNBK menumpang untuk berkoordinasi dengan Disdik setempat agar sekolah yang menjadi tujuan tumpangan tidak terbebani.  

Ia menjelaskan, SMP yang tidak menerapkan unbk dan 258 SD di Kota Palembang masih dengan cara manual yakni menggunakan kertas jawaban, meskipun sudah ada SD  mengusulkan diri menerapkan UNBK.

Sementara untuk mengatisipasi kecurangan, pihak Disdik akan membentuk tim pemantau lapangan serta memberi arahan kepada guru agar tidak menjadi joki ujian, karena ada sanksi tegas bila melakukannya.

Selain itu Dinas Pendidikan juga telah berkoordinasi dengan perusahaan listrik negara (PLN)  mengenai ketersediaan listrik selama jalannya UNBK nanti agar proses ujian berjalan lancar.

"Meskipun kami juga merekomendasikan kepada pihak sekolah untuk menyewa genset dari PLN kalau memang merasa khawatir listrik padam ketika ujian, sebab kalau hal itu  terjadi yang sangat dirugikan adalah siswa," kata Karim Hasyim.

Untuk biaya penyewaan genset sendiri Rp3 juta perhari menggunakan dana sekolah masing-masing,  jelasnya.