Penyaluran Raskin di Palembang gunakan e-voucher

id raskin, penyaluran raskin, bulog

Penyaluran Raskin di Palembang gunakan e-voucher

Beras di gudang Bulog (Antarasumsel.com)

Palembang (Antarasumsel.com) - Penyaluran beras untuk keluarga miskin di Kota Palembang pada 2017 ini direncanakan akan memakai kartu elektronik atau e-voucher.

Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Bakhtiar AS mengatakan hal itu saat ditanya mengenai penyaluran beras untuk keluarga miskin (raskin) pada tahun 2017 di Palembang, Minggu.

Menurut dia, pada tahun ini ada program  e-voucher untuk sementara diberlakukan di 44 kabupaten/kota di seluruh Indonesia termasuk di Sumatera Selatan yang  akan diujicoba di Kota Palembang.

"Kami sudah melakukan pertemuan rutin dan berkoordinasi dengan semua instansi terkait sehingga tinggal implementasi saja," katanya.

Ia menuturkan, ada jaringan distribusi yang disebut "Rumah Pangan Kita" (RPK) yang nantinya bersinergi dengan perbankan seperti BNI dan BRI.

Selama ini BNI sudah memiliki outlet agen 46 bersinergi menjadi RPK. Selain agen 46 juga ada RPK menjadi agen 46 demikian juga BRI, ujarnya.

Ia mengatakan, sekarang ini baru ujicoba dulu menggunakan e-voucher di 44 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Sementara itu untuk penyaluran raskin pada tahun lalu Sumsel mencapai kinerja terbaik pertama dengan realisasi 100 persen, kemudian tunggakan nihil dan administrasi juga 100 persen sehingga dapat tercapai semuanya tanpa masalah, katanya.