Palembang akan miliki museum angkatan udara

id museum, museum bandara, lanud

Palembang akan miliki museum angkatan udara

Palembang akan miliki museum bandara (Foto antarasumsel.com/Aziz Munajar)

Palembang (Antarasumsel.com) – Kota Palembang Sumatera Selatan meakan miliki museum angkatan udara sebagai wisata edukasi masyarakat dan termasuk yang pertama di Pulau Sumatera.

"Rencana pendirian museum angkatan udara adalah salah satu upaya kami memaksimalkan wilayah pangkalan udara Sri Mulyono Herlambang (SMH) guna memberikan wisata baru bagi masyarakat Palembang dan Sumatera Selatan," kata Danlanud SMH, Letkol (PNB) Ronald Lucas Siregar, di Palembang, Sabtu.

Ia mengatakan, saat ini pihak Lanud sedang memproses pencarian dana disamping mengumpulkan dokumen-dokumen bersejarah seperti lembaran koran dan foto serta data-data lainnya. 

Pihaknya tengah berupaya memperbaiki infrastruktur yang ada dan merenovasi beberapa infrastruktur bersejarah dengan mencari bahan bangunan  mirip seperti aslinya.

Salah satu bangunan yang menyimpan sejarah panjang pangkalan udara adalah gedung lengkung di sisi landasan lama atau bandara Talang Betutu yang sekarang berganti nama menjadi Bandara Sri Mulyno Herlambang dimana kondisinya sekarang tak terawat serta ditumbuhi rumput liar. 

"Mengenai gambaran bentuk dan konsep museum belum ditentukan, namun kalau melihat Museum Dirgantara Mandala di Yogyakarta dimana ada hanggar serta mampu menampung alutsista, mungkin kurang lebih seperti itu, hanya agak lebih kecil" Jelas Ronald. 

Menurut dia, landasan udara Sri Mulyono Herlambang merupakan salah satu yang tertua di Pulau Sumatera, mengingat fungsi strategis pada masa pendudukan Belanda waktu itu.

"Sehingga perlu adanya edukasi bagi generasi penerus bahwa pangkalan udara tersebut memiliki sejarah panjang dan tak boleh dilupakan, maka kami juga mengharapkan dukungan dari pihak-pihak terkait seprti Dinas Pariwisata," katanya.