KONI Pusat dukung Sumut tuan rumah PON 2024

id koni, pon, tuan rumah pon, sumut

KONI Pusat dukung Sumut tuan rumah PON 2024

Logo PON-XIX Jawa Barat (ANTARA FOTO)

Medan (Antarasumsel.com) - KONI Pusat mengapresiasi niat Sumatera Utara yang berkeinginan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman di Berastagi, Jumat, mengatakan pihaknya memberikan apresiasi atas niat Sumatera Utara yang bertekad menjadi tuan rumah PON tahun 2024.

"Kami mengapresiasi niat tersebut," katanya usai membuka Musyawarah Provinsi KONI Sumut.

Menurut dia, Sumut memiliki potensi besar untuk bisa menyukseskan pelaksanaan event empat tahunan tersebut.

Terbukti, pada tahun 1953 Kota Medan dipercaya menjadi tuan rumah PON edisi ketiga.

Ia juga berharap semakin banyaknya kompetitor tuan rumah PON, menjadi sinyal positif olahraga di seluruh daerah semakin maju.

"Sejauh ini baru Sumut yang memiliki tekad besar untuk menjadi tuan rumah PON 2024. Tentu sebagai salah satu syarat menjadi tuan rumah tidak hanya faktor anggaran saja, tetapi juga kesiapan hal lain seperti akomodasi, SDM dan sarana dan prasarana olahraga yang berstandar tentunya," katanya.

Di satu sisi, ia juga berpesan kepada pengurus KONI terpilih untuk bisa terus bersinergi dengan pemerintah daerah agar program yang berkaitan dengan kemajuan olahraga di Sumut bisa terwujud.

Termasuk mencari sosok pemimpin KONI Sumut lima tahun ke depan, tidak hanya bermodalkan pintar dan penguasaan materi, melainkan memiliki kedekatan antara pemimpin dengan yang dipimpin.

"Olahraga jangan dianggap biasa-biasa saja. Karena olahraga adalah sarana pemersatu bangsa, dalam situasi perbedaan agama dan suku. Olahraga juga bisa memberantas kenakalan pemuda dari narkoba, rasis, dan diskriminasi yang sekarang sedang terjadi," katanya.