Pasar rakyat Soak Bato Palembang tampung 283 pedagang

id pasar, pasar rakyat

Pasar rakyat Soak Bato Palembang tampung 283 pedagang

Pasar rakyat Soak Batok direnovasi untuk menampung para pedagang (Foto: antarasumsel.com/Aziz/Parni)

Palembang (Antarasumsel.com) – Pasar rakyat Soak Bato Palembang merencanakan menampung 283 pedagang yang saat ini masih berjualan di lapak-lapak sementara, karena bangunan pasar tersebut masih dalam perbaikan.

"Sebanyak 283 pedagang itu sudah disediakan lapaknya masing-masing yang lebih nyaman di dalam bangunan baru.” Kata Kepala Pasar Rakyat Soak Bato, Muhammad Ayub, Rabu.

Perbaikan pasar tersebut dimulai sejak Agustus 2016 yang dikerjakan oleh PT Detail Multi Konstruksi dengan kucuran APBD Kota Palembang sebesar Rp9,35 miliar dan akan diserahterimakan  pada Februari 2017.

Pasar tersebut diperbaiki setelah tuntutan para pedagang yang menginginkan perbaikan kualitas pelayanan, karena kondisi pasar sudah tidak layak, mengingat selama 70 tahun lebih berdiri belum pernah mengalami renovasi.

Wilayah pasar yang direnovasi seluas 18 Ha akan dilengkapi fasilitas umum seperti toilet, mushallah dan area parkir untuk memberikan kenyamanan kepada pedagang dan pembeli.

Setiap pedagang saat ini masih berjualan di luar dan pinggir jalan semuanya akan dipindahkan ke dalam bangunan baru yang terdiri dari 2 lantai, dengan masing-masing pedagang mendapat lapak seluas 2 x 2,5 meter.  

“Mengenai perubahan harga sewa lapak kami belum tahu naik atau tidak karena belum ada pemberitahuan dari PD Pasar Palembang Jaya,” kata Mummad Ayub.

Sementara salah seorang pedagang, Cecep (39), mengatakan harga sewa lapak sebaiknya jangan terlalu mahal karena akan menyulitkan para pedagang.