Trafik layanan data telkomsel tembus empat petabyte

id telkomsel, trafik layanan data, payload Telkomsel, melonjak 24,25 persen, petabyte perhari

Trafik layanan data telkomsel tembus empat petabyte

Telkomsel (Foto Antarasumsel.com/Susilawati)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pada momen pergantian tahun baru tercatat trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 4,25 petabyte, melonjak 24,25 persen dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2016 hanya 3,42 petabyte perhari.

Tingginya peningkatan trafik layanan data salah satunya dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang mengunggah foto atau momen penting menjelang dan setelah pergantian tahun melalui berbagai aplikasi media sosial dan instant messaging, kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati di Palembang, Selasa.

Menurut dia, selain itu, penggunaan smartphone dan komputer tablet untuk melakukan video streaming, music streaming, maupun online games juga meningkat pada periode tersebut.

Ia mengatakan, di samping layanan data, kenaikan trafik juga terjadi untuk layanan suara dan SMS.

Trafik layanan suara meningkat tipis 0,1 persen dibanding hari normal menjadi 1,5 miliar menit, sementara trafik layanan SMS naik 18,4 persen ketimbang hari normal menjadi 929 juta SMS.

"Kami bersyukur upaya kami untuk menyiagakan jaringan dalam kondisi yang optimum dimaksimalkan dengan baik oleh masyarakat pada momen pergantian tahun," katanya.

Ia menyatakan, bagi perusahaan itu kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di momen-momen spesial amat penting.

"Ini tentunya menjadi tantangan bagi kami untuk meningkatkan kualitas layanan pada momen-momen penting lainnya yang akan datang," tuturnya.

Ia menyampaikan, untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang sudah rutin terjadi pada momen pergantian tahun, sejak jauh hari perusahaan telah melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia.

Sebanyak 687 titik keramaian utama seperti bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, mal dan pusat perbelanjaan, serta rumah ibadah telah diperkirakan akan dipadati oleh pelanggan pada masa pergantian tahun, katanya.