Palembang jadi Destinasi Wisata Olahraga Indonesia.

id jakabaring, kawasan jakabaring

Palembang jadi Destinasi Wisata Olahraga Indonesia.

Kawasan Jakabaring Palembang (Foto: antarasumsel.com/Parni)

Palembang (Antarasumsel.com) - Menteri Pariwisata sudah menetapkan Kota Palembang menjadi salah satu destinasi wisata olahraga di Indonesia, kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Sumsel telah memiliki kawasan olahraga terpadu di komplek Jakabaring Sport City (JSC) memiliki sejumlah fasilitas atau venue olahraga dengan standar internasional dan sudah siap menjadi arena pertandingan untuk Asian Games 2018, kata Alex Noerdin di Palembang, Selasa.

Pada kawasan JSC saat ini antara lain ada stadion Gelora Sriwijaya, atletik, aquatic,  danau untuk cabang dayung dan ski air, stadion tenis lapangan, GOR bulu tangkis dan senam, arena panjat tebing, lapangan sofbol, lapangan bola voli pantai hingga wisma atlet, seluruhnya dalam kondisi terawat dan siap pakai.

“Jakabaring Sport City memiliki luas 235 hektare dibangun dan dikembangkan dengan visi jauh ke depan, kawasan ini akan menjadi green sport city. Nantinya transportasi di sini akan menggunakan kendaraan yang bebas polusi, menggunakan bahan bakar gas dan mobil hidrogen”  kata Alex Noerdin.

Komplek JSC selama ini telah menjadi tempat pertandingan olahraga multi event diantaranya Sea Games XXVI pada 2011, Islamic Solidarity Games (ISG) III pada 2013 dan Asean University Games (AUG) 2014.

Selain sebagai destinasi wisata olahraga, pada saat menutup Musrenbangnas 2016 pada Mei lalu, Presiden Joko Widodo telah mendeklarasikan Palembang sebagai kota olahraga seperti layaknya Sunny Land di Amerika Serikat yang fokus pada olahraga golf.

Gubernur Sumsel juga menjelaskan, selain fasilitas olahraga yang sudah dan dipersiapkan untuk Asian Games XVIII, di komplek JSC juga akan dibangun sirkuit untuk Moto GP.

Alex Noerdin optimis jika sirkuit Moto GP sudah terealisasi akan banyak datang ke Sumsel wisatawan menyaksikan even tersebut.

Sementara, menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn, saat ini komplek JSC sudah sering menjadi destinasi wisatawan domestik.