Daftar tunggu calon haji Sumsel capai ribuan

id jamaah haji, Daftar tunggu, Kasubag Humas, Kanwil Kementerian Agama, Sumsel, Saefudin Latief, rukun Islam kelima

Daftar tunggu calon haji Sumsel capai ribuan

Jamaah calon haji. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi//den)

Palembang (Antarasumsel.com) - Daftar tunggu calon jamaah haji Sumatera Selatan hingga sekarang mencapai 89 ribu orang yang pemberangkatannya bisa selesai pada 2032.

Kasubag Humas Kanwil Kementerian Agama Sumsel Saefudin Latief di Palembang, Rabu mengatakan, minat masyarakat untuk beribadah haji cukup tinggi, terbukti sekarang sudah puluhan ribu orang yang mendaftar.

Jadi bila ingin berangkat untuk menunaikan rukun Islam kelima itu maka harus antri, karena setiap hari ada yang mendaftar, ujar dia.

Ia mengatakan, memang sekarang ini pemberangkatan jamaah haji tidak bisa banyak, karena jatah atau kuota setiap provinsi dibatasi.

Untuk Sumsel sendiri pemberangkatan setiap tahun kisaran lima ribu orang dan jumlah itu mengalami penurunan bila dibanding tiga tahun sebelumnya.

Hal itu karena di Arab Saudi sedang ada perbaikan sejumlah fasilitas pendukung, sehingga setiap negara jumlah kuota pemberangkatannya dikurangi, ujar dia.

Yang jelas, lanjut dia, jamaah haji akan berangkat umumnya tiga hingga lima tahun menunggu karena jumlah yang telah mendftar cukup banyak.

Dia mengatakan, memang sekarang ini pelayanan pemberangkatan mengalami kemajuan terutama setelah Palembang ditetapkan sebagai embarkasi haji.

Bahkan, di asrama haji Palembang sekarang ini terus dilengkapi prasarana pendukung dalam menunaikan rukum Islam kelima tersebut.

Sekarang sudah ada replika pesawat untuk memudahkan calon haji dalam menggunakan pesawat udara, ujar dia.

Selain itu asrama haji juga akan dilengkapai replika kabbah termasuk lintasan Sai.

Kesemuanya itu dilakukan supaya jamaah calon haji daerah ini semakin mudah dan lebih maksimal dalam menjalankan ibadah, tambah dia.