Minyak turun tertekan kenaikan persediaan AS dan suku bunga

id minyak dunia, harga, opec, meningkat secara substansial, memangkas produksi minyak, mentah

Minyak turun tertekan kenaikan persediaan AS dan suku bunga

Harga minyak dunia turun-ilustrasi (ANTARANEWS/Ardika)

New York (Antara/Xinhua) - Harga minyak dunia turun pada Rabu (Kamis pagi WIB), karena persediaan di pusat penyimpanan terbesar AS naik ke tertinggi enam bulan, dan Federal Reserve memutuskan untuk menaikkan suku bunganya
Persediaan di Cushing, Oklahoma, pusat pengiriman minyak mentah  West Texas Intermediate (WTI), naik 1,22 juta barel pada pekan lalu, menurut data yang dirilis oleh Badan Informasi Energi AS (EIA) pada Rabu.

Harga minyak memperpanjang kerugiannya setelah Federal Reserve AS menaikkan suku bunga seperempat poin, karena berita itu mendorong dolar AS. Dolar yang lebih kuat membuat impor bahan bakar lebih mahal bagi negara-negara yang menggunakan mata uang lainnya.

Federal Reserve AS pada Rabu memutuskan menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin sesuai dengan perkiraan, merupakan kenaikan pertama dan hanya pada tahun ini.

"Mengingat realisasi dan ekspektasi kondisi-kondisi pasar tenaga kerja dan inflasi, Komite (Pasar Terbuka Federal) memutuskan untuk menaikkan target suku bunga federal funds ke kisaran 0,50 persen hingga 0,75 persen," kata Fed dalam sebuah pernyataan setelah meangkhiri pertemuan kebijakan dua hari.

Peningkatan suku bunga federal funds dari kisaran sebelumnya 0,25 persen hingga 0,50 persen itu, merupakan kenaikan pertama sejak Desember 2015 dan hanya yang kedua dalam satu dekade terakhir.

Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari, turun 1,94 dolar AS menjadi menetap di 51,04 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari, turun 1,82 dolar AS menjadi ditutup pada 53,90 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.