Nenek renta selamat dari kebakaran rumah

id kebakaran, nenek renta, terbakar

Nenek renta selamat dari kebakaran rumah

Rumah kebakaran, nenek renta yang sedang terbaring sakit selamat dari musibah itu setelah warga berusaha mengevakuasi dari kobaran api (Foto antarasumsel.com/Edo Purmana/Parni)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Sainah, nenek renta yang terbaring sakit dapat diselamatkan dari musibah kebakaran rumah di Desa Karang Endah Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, karena dievakuasi para tetangga saat api mulai berkobar.

"Kami  mengucapkan syukur walaupun rumah hangus terbakar, karena istri saya Sainah (75) selamat dari musibah itu berkat bantuan para tetangga," kata Abdul Salim (70) di Desa Karang Endah, Kamis.

Menurut para tetangga korban, peristiwa kebakaran itu terjadi di Dusun 4 Desa Karang Endah, Kamis sekitar pukul  08.45 Wib, dan saat kejadian Sainah sedang terbaring sakit sendirian di rumahnya, sedangkan suaminya Abdul Salim menginap di kebun.  

Menurut keterangan Delpan Sastra ( 31), pertama kali melihat ada percikan api keluar dari bawah kabel di bagian atas rumah yang ditempati korban, dan hanya dalam waktu singkat api langsung menyambar sekeliling  bangunan rumah.

Melihat api sudah mulai membesar, langsung berlari ke rumah panggung yang sedang terbakar itu untuk menyelamatkan nyawa nenek sedang terbaring sakit dengan mengendong ke rumahnya.

Menurut informasi, kebakaran di rumah panggung  dua lantai itu terjadi saat pemilik rumah sedang pergi ke kebun, bangunan bagian bawah yang sudah dibeton ditempati anak Abdul Salim bersama keluarganya.  

Sedangkan di bagian atas terbuat dari kayu  ditempati Abdul Salim dan isterinya beserta satu orang cucu.

Pada saat kejadian, rumah panggung sedang sepi hanya ada nenek Sainah yang sedang sakit. Itulah sebabnya korban diselamatkan oleh tetangganya.

Peristiwa kebakaran yang terjadi sejak pukul 08.45 wib itu  membuat warga setempat berhamburan  keluar rumah dan berusaha memadamkan api secara manual, mengontak mobil pemadam kebakaran.

Sekitar pukul 09.00 Wib, satu unit mobil pemadam kebakaran dari Kecamatan Lengkiti datang ke lokasi kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran langsung berjuang menjinakkan api,  kemudian sekitar pukul 09.50 Wib datang satu armada unit lagi bantuan dari Pemkab OKU.

Petugas pemadam kebakaran bekerja ekstra  melokalisir api. Di lokasi kebakaran  juga tampak Kapolsek Lengkiti, AKP Ahsum bersama anggota mengamankan tempat kejadian perkara dan mengatur lalu lintas kendaraan di jalan raya. Api baru berhasil dijinakkan sekitar pukul 10.15 Wib.

Kapolres  OKU, AKBP Leo Andi Gunawan di dampingi Kapolsek Lengkiti, AKP Ahsum membenarkan kejadian tersebut.  

Menurut Kapolres, tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran  itu dan Kkerugian material belum bisa ditaksir, sementara penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan polisi.