Gubernur Sumsel serahkan DIPA pertengahan Desember

id gubernur, alex noerdin, dipa, daftar isiian pelaksana anggaran, Kakanwil Perbendaharaan

Gubernur Sumsel serahkan DIPA pertengahan Desember

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15)

Palembang (Antarasumsel.com) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin akan menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran kepada seluruh pemerintah kabupaten dan kota di provinsi itu pada pertengahan Desember 2016.

"Setelah diterima Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) dari Presiden Joko Widodo kemarin (Jumat, 7/12), maka segera diserahkan kepada pemerintah kabupaten dan kota," kata gubernur usai menerima Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumatera Selatan Sudarso di Palembang, Kamis.

Dia mengatakan, penyampaian DIPA lebih cepat agar kinerja dan program pemerintah kabupaten dan kota makin maksimal.

Dengan telah diterimanya DIPA di Pemerintah Kabupaten dan kota termasuk dinas maka program yang dilaksanakan dapat segera diwujudkan.

Memang, lanjut gubernur, dana tersebut harus diprioritaskan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga program yang dilaksanakan harus tepat sasaran.

Sementara Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumsel mengatakan, alokasi anggaran Pemprov Sumsel 2017 sudah tersusun dan terinci dalam DIPA yang akan diserahkan pertengahan Desember nanti.

DIPA tersebut berhubungan dengan alokasi anggaran untuk 2017 dan nati akan disampaikan riciannya.

Dalam pertemaun itu Kakanwil Perbendaharaan juga mengatakan kepada Gubernur Sumsel atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan 2015 dengan capaian tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah.

Sementara Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Sumatera Selatan, Laonma PL Tobing mengatakan, Sumsel mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat berbagai bidang yang jumlahnya bervariasi.

Secara keseluruhan jumlah dana transfer ke daerah dan dana desa pada 2017 tercatat mencapai Rp5,17 triliun, tambah dia.