BPOM perlu diperkuat

id Menpan-RB, Asman Abnur, Badan Pengawas Obat dan Makanan, bpom, meningkatkan fungsinya, harapan masyarakat

BPOM perlu diperkuat

Petugas BPOM menunjukkan barang bukti pewarna kuku hasil operasi . (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (Antarasumsel.com) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur menyatakan Badan Pengawas Obat dan Makanan perlu diperkuat untuk meningkatkan fungsinya sesuai dengan harapan masyarakat.

"Fungsi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melindungi masyarakat dari obat dan makanan yang berisiko terhadap kesehatan, oleh karena itu lembaga ini perlu diperkuat," kata Asman Abnur pada acara Rapat Evaluasi Nasional BPOM 2016 di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, produk makanan, minuman, obat-obatan, dan kosmetika yang beredar di pasaran memerlukan pengawasan secara ketat sehingga bisa dijamin aman dikonsumsi.

Dengan terjaminnya produk yang berdar di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dan memiliki daya saing yang tinggi.

"Bayangkan jika makanan dan obat yang dikonsumsi masyarakat tidak terjamin keamanannya atau berisiko terhadap kesehatan, bisa mengganggu kesehatan dan menurunkan kualitas SDM negara ini," ujarnya.

Menurut dia, tidak mungkin lembaga yang memiliki wewenang melakukan pengawasan peredaran produk obat dan makanan bisa melakukan fungsinya secara maksimal jika secara kelembagaan lemah.

Untuk memperkuat kelembagaan Badan Pengawas Obat dan Makanan, pihaknya mendukung upaya reformasi birokrasi BPOM dan upaya membentuk tim penyidik khusus untuk menangani kasus pelanggaran hukum terkait peredaran obat dan makanan.

Melalui upaya tersebut diharapkan BPOM lebih kuat dalam melakukan pengawasan obat dan makanan serta memberikan jaminan kepada konsumen dari produk obat dan makanan yang tidak layak konsumsi.

Kemudian dengan kuatnya lembaga tersebut diharapkan dapat memberikan pembinaan terhadap produsen untuk meningkatkan mutu dan daya saing produk makanan dan obat yang diproduksi di negara ini, kata Menpan RB.