SMKN 2 Palembang jadi rujukan sekolah kejuruan nasional

id smk, smk 2 sekolah rujukan kejuruan nasional

SMKN 2 Palembang jadi rujukan sekolah kejuruan nasional

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Palembang Syaifullah Sapuan memberikan kata sambutan pada acara ekspose SMKN 2 menjadi sekolah rujukan kejuruan tingkat nasional di Palembang, Rabu (7/12) (Foto Antarasumsel.com/I016)

....SMKN 2 Palembang sudah memenuhi syarat untuk dijadikan sekolah kejuruan rukukan tingkat nasional....
Palembang (Antarasumsel.com) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palembang akan menjadi rujukan sekolah kejuruan tingkat nasional, karena sekarang ini sedang dalam proses pengesahan.

Kepala SMK Negeri 2 Palembang, Syaifullah Sopuan usai pembukaan ekspose SMK 2 menuju SMK rujukan di Palembang, Rabu mengatakan, sekolah itu terpilih menjadi sekolah rujukan sehingga ini suatu kebanggaan.

Dengan dipilihnya menjadi Sekolah Menengah Kejuruan rujukan maka nantinya bisa dijadikan sebagai tempat kompetensi berbagai jurusan kejuruan serta menjadi sekolah percontohan.

Memang, lanjut dia, untuk menjadi sekolah rujukan harus memenuhi kreteria termasuk hasil karya yang diciptakan para siswa.

Apalagi pesaing cukup berat karena banyak sekolah kejuruan di Indonesia yang juga memiliki berbagai kelebihan.

Namun, dipilihnya SMK negeri 2 Palembang menjadi sekolah rujukan hal sangat beralasan, karena sudah banyak karya siswanya yang dihasilkan.

Dia mengatakan, siswa sudah bisa menciptakan robot, alat pengontrol listrik, memperbaiki mobil dan motor rusak serta berbagai karya lainnya.

Yang jelas, lanjut dia, dijadikannya SMK rujukan tersebut akan memacu diri sekaligus memotivasi pelajar untuk berkompetisi.

Kasi Kelembagaan Kementerian Pendidikan Yudi Norman mengatakan, memang sekarang ini sedang diproses keabsahan SMK Negeri 2 sebagai sekolah rujukan.

Apalagi SMKN 2 Palembang ini sudah memenuhi syarat untuk dijadikan sekolah kejuruan rukukan.

Dia mengatakan, sebenarnya banyak manfaat yang didapat bila sekolah sebagai rujukan di antaranya sebagai percontohan dan memotivasi lembaga lainnya.

Bukan itu saja tetapi lulusannya sudah berstandar sehingga mudah diterima bekerja di berbagai perusahaan.

Dalam ekspose itu juga dilakukan kerja sama antara SMKN 2 dengan berbagai perusahaan industri yang ada di daerah ini.