Pemkot Palembang akan membangun fasilitas berfoto VIP

id Monpera, fasilitas monpera

Pemkot Palembang akan membangun fasilitas berfoto VIP

Pemkot Palembang akan membangun fasilitas berfoto VIP di lokasi Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), supaya warga bisa leluasa berfoto di kawasan wisata itu. (Foto: antarasumsel.com/Aziz Munajar/Parni)

....Sejak selesai pemugaran bangunan Monumen perjuangan rakyat (Monpera) pada tahun 2015, jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan tiga kali lipat dengan rata-rata kunjungan 30 orang perhari....
Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang melalui unit pelaksana teknis daerah akan membangun fasilitas berfoto VIP, supaya masyarakat setempat bisa leluasa memanfaatkan momen berfoto bersama keluarga ataupun perorangan.

Selama ini bila warga ingin mengabadikan suasana di sekitar monumen perjuangan rakyat (Monpera) hanya memanfaatkan jasa foto amatir, dengan akan dibangunnya fasilitas berfoto VIP itu diharapkan kualitas hasil bidikan fotografer lebih baik lagi, kata

kepala unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Monpera, Agusti di Palembang, Selasa.

Ia menjelaskan, rencana ke depan itu kalau ada bantuan dari pusat, UPTD Monpera ingin membangun tempat berfoto yang lebih baik atau VIP, maksudnya lebih indah dan berkelas, karena kondisi atap Monpera saat ini kurang nyaman.

Menurutnya, kondisi atap Monpera yang berdiri megah menghadap ke arah masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin di pusat Kota Palembang itu saat ini sebenarnya belum aman, karena pagar pembatas masih terlalu rendah dan bisa dengan mudah dilewati sehingga berpotensi membahayakan pengunjung.

"Pada bagian atap Monpera tiupan angin cukup kencang dan bagian tepi tidak ada pagar pembatas, jadi kami masih khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi saat ini pengamanan baru sebatas pemasangan kamera pengintai (CCTV), serta teguran lewat pengeras suara," katanya.

Ia menambahkan, nanti pagar pengaman akan mengikuti bentuk sisi atap Monpera dan rencana tersebut termasuk dalam program utama pada tahun depan dalam rangka menyambut perhelatan Asian Games di Palembang 2018.

Sementara terhitung sejak selesai pemugaran bangunan Monpera pada tahun 2015, jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan tiga kali lipat dengan rata-rata kunjungan 30 orang perhari.

Sampai saat ini koleksi yang ada di Monpera berjumlah 300 unit terdiri atas foto-foto, lukisan, senjata dan mata uang digunakan pada masa penjajahan Belanda dan pasca kemerdekaan di wilayah Sumatera Bagian Selatan, khususnya Kota palembang.

Sementara mengenai kondisi Monpera, dengan ketinggian bangunan 17 meter terdiri atas delapan lantai serta 45 sisi bidang, sehingga membentuk format 17 - 8 - 45 yang merupakan tahun Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.