Mourinho bersikukuh bahwa United hanya kurang beruntung

id Jose Mourinho, perasaan pahit, Manchester United, Liga Inggris, mengendalikan permainan,

Mourinho bersikukuh bahwa United hanya kurang beruntung

Jose Mourinho (REUTERS/Stefan Wermuth)

London (Antara/Reuters) - Bukan untuk pertama kalinya pada musim ini, Jose Mourinho menelan perasaan pahit setelah menyaksikan Manchester United asuhannya mengendalikan permainan di Liga Inggris namun gagal mendulang kemenangan pada Minggu.

Pada konferensi pers menyusul hasil imbang 1-1 di markas Everton yang membuat timnya tertahan di peringkat keenam, pria asal Portugal itu bersikukuh bahwa mereka layak menang dan mengatakan "tidak ada lagi" yang dapat dilakukannya untuk mengubah peruntungan United.

Bukannya menjelaskan mengapa tim tamu terus gagal menuntaskan permainan lawannya saat mereka tampil dominan, Mourinho justru meluncurkan "serangan balasan."
Selain itu, setelah belakangan ini mengalami begitu banyak masalah dengan otoritas-otoritas sepak bola, ia memberikan respon setengah hati saat ditanyai apakah Marouane Fellaini melanggar Idrissa Gueye yang membuat Everton dihadiahi penalti pada menit ke-89, yang dikonversi dengan sukses oleh Leighton Baines.

"Saya tidak melihatnya," kata Mourinho ketika banyak pengamat merasa penalti itu masih dapat diperdebatkan.

Kemudian saat ditanyai mengapa ia memasukkan Fellaini sebagai pemain pengganti saat United unggul 1-0, ia menukas, "Menurut saya Anda akan tahu lebih banyak soal sepak bola dibanding yang Anda lakukan -- karena jawabannya sudah jelas."
"Mengapa tim yang bermain langsung (direct) kehilangan intensitas mereka pada sepak bola bergaya langsungnya dan ketika Anda memiliki pemain bertinggi dua meter di bangku pemain cadangan, Anda memainkan dia di depan garis pertahanan untuk membantu tim meraih kemenangan."
United telah enam kali imbang pada delapan pertandingan terakhir mereka di liga, dan saat ditanyai mengenai satu hasil lagi tanpa kemenangan, Mourinho menginterupsi, "Ini adalah pertandingan lain dengan permainan yang sangat bagus. Kami tidak mendapatkan hasil yang layak kami dapatkan."
"Ketika Anda bermain baik, tidak ada lagi yang dapat Anda lakukan."
Begitu banyak tim asuhan Mourinho di masa lalu yang dikecam karena meraih kemenangan dengan penampilan membosankan.

Apa yang mengganggu dirinya sekarang adalah ia merasa United dikritik karena bermain atraktif tanpa mendapatkan hasil-hasil positif.

"Anda (para pewarta) harus membuat keputusan," kata Mourinho. "Karena ketika tim-tim saya memainkan sepak bola pragmatis dan memenangi pertandingan dan gelar-gelar, Anda mengatakan itu tidak bagus dan indah."
"Ketika tim-tim saya, seperti saat ini, bermain sangat, sangat baik, Anda mengatakan hal yang penting adalah hasil tanpa peduli hal lainnya."
"Saat ini di Liga Inggris Anda memiliki tim-tim yang meraih hasil-hasil bagus, yang bertahan dengan 11 pemain dan menyerang melalui ruang pada serangan balik (dan Anda berkata) itu fenomenal, indah. Maka Anda harus membuat keputusan," tambah Mourinho.

(H-RF)