Badan Narkotika bekali ketrampilan pemuda

id jumputan, pembekalan pembuatan jumputan

Badan Narkotika bekali ketrampilan pemuda

BNN berikan pembekalan ketrampilan pemuda di Palembang (Foto: antarasumsel.com/Feny Selly/Parni)

Palembang (Antarasumsel.com) - Badan Narkotika Nasional Sumatera Selatan bersama Aku Mandiri Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah memberikan pembekalan keterampilan kepada pemuda di kawasan Kelurahan 36 Ilir Palembang.

"Kawasan Kelurahan 36 Ilir kami pilih untuk kegiatan ini berdasarkan pemetaan daerah rawan peredaran Narkoba," kata Kepala Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumsel, Kusmaneti di sela kegiatan di Palembang, Jumat.

Kegiatan yang diikuti pemuda perwakilan wilayah tersebut digelar dengan mempelajari teknik pembuatan jumputan bagi peserta laki-laki dan pembuatan aksesoris dari kain perca untuk peserta perempuan.

Dalam kurun empat hari yaitu tanggal 29 November hingga 2 Desember secara terpisah para peserta diberi arahan langsung dari perajinnya.

"Kesemua peserta ini punya semangat yang cukup tinggi untuk menerima pembekalan keterampilan tersebut," kata Kusmaneti.

Menurut dia, keterampilan yang diterima masing-masing peserta nantinya akan ditularkan kepada pemuda di lingkungan mereka masing-masing.

Ia berharap, dengan kegiatan tersebut mereka memiliki aktivitas yang positif dan mampu menghasilkan uang.

Ketua Aku Mandiri, Apit Fathurohman selaku pelaksana kegiatan berharap para pemuda ini mampu mengembangkan keterampilan menjadi wirausaha yang mampu mendatangkan penghasilan.

"Hasil karya mereka bisa jadi memenuhi kebutuhan pemenuhan souvenir menjelang kegiatan Asian Games di Palembang Sumsel tahun 2018," katanya.

Seniman dan pegiat kain Jumputan Suharno yang menjadi tutor dalam pembekalan tersebut mengungkapkan pada dasarnya pembuatan kain Jumputan secara serius hanya membutuhkan waktu setengah hari.

"Tidak sulit dipelajari tekniknya, kami beri kebebasan peserta berekspresi dengan teknik dasar pembuatan Jumputan," kata dia.