Pemkot Palembang garap destinasi wisata religi

id wisata religi, destinasi wisata, masjid, al-quran, qur'an

Pemkot Palembang garap destinasi wisata religi

Al Quran raksasa setinggi 18,5 meter di Kompleks Pesantren Indo Global Mandiri (IGM) Suak Bujang Gandus Palembang, Sumsel (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang akan menggarap sejumlah destinasi wisata religi yang ada di bantaran Sungai Musi, Palembang, untuk menyambut Asian Games ke-18 tahun 2018, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota setempat Isnaini Madani.

"Masih banyak destinasi wisata di bantaran Sungai Musi belum tergarap, contohnya Masjid Pulau Seribu di Sungai Ogan yang ada, tapi tidak banyak diketahui orang. Ini yang menjadi fokus pemkot," kata dia.

Menurut Isnaini, pemkot sudah mendata setidaknya terdapat 20 lokasi wisata dari Pulau Kemaro hingga Pulokerto.

Beberapa di antaranya sudah dikenal tapi kurang dipromosikan, tapi beberapa lagi belum dijamah padahal memiliki potensi wisata.

Saat ini yang sedang dibenahi pemerintah kota bekerja sama dengan pemerintah provinsi yakni Kampung Kapitan, Kampung Arab Al-Munawar, kawasan 1 Ulu, 10 Ulu, dan 34-35 Ilir.

Pemerintah merencanakan perbaikan jalan, saluran air, dan pembangunan fasilitas toilet umum, gerai tekstil kain khas Palembang, dan lainnya.

Terkait dengan pembangunan infrastruktur ini, telah dilakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel, dan instansi terkait lainnya.

"Pada 2016 ini fokus untuk memunculkan ide kreatif mengenai wisata apa saja yang akan ditampilkan, nanti pada 2017 baru mulai eksekusi karena sudah ada penganggaran dananya seperti untuk infrastruktur dan promosi," kata dia.

Pemerintah Kota Palembang fokus mengembangkan wisata sungai untuk memanfaatkan peluang menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Palembang M Safri Nungcik mengatakan pemkot fokus membenahi Pulau Kemaro yang sudah menjadi destinasi unggulan di Kota Palembang.

"Setelah Pulau Kemaro, baru bergeser ke seluruh destinasi yang ada di pinggir Sungai Musi seperti Kampung Kapiten, Kampung Arab Al Munawar, dan beragam destinasi bersejarah seperti Masjid Lawang Kidul dan Masjid Ki Merogan," kata Safri.

Upaya ini sangat penting mengingat peluang Kota Palembang untuk tumbuh lebih pesat melalui pariwisata sangat terbuka, mengingat di Indonesia belum ada kota fokus menggarapnya.

Kota Palembang memiliki potensi luar biasa karena merupakan salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki beragam wisata, seperti kuliner, belanja, religi, sejarah dan alam.  

Ibu Kota Provinsi Sumsel ini berharap meraup berkah pariwisata dengan meningkatkan kunjungan wisatawan hingga 2,5 juta orang pada 2018 atau meningkat dari sekitar 1,8 juta jiwa.