Pertamina RU III periksa gigi siswa SD

id Pertamina, pemeriksaan gigi, Rumah Sakit Pertamedika, pencabutan gigi, siswa sd, Program clino gigi

Pertamina RU III periksa gigi siswa SD

Pertamina RU III lakukan pemeriksaan gigi kepada siswa/siswi di SD plaju (Antarasumsel.com/Susi/Ang)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pertamina RU III bekerja sama dengan pihak Rumah Sakit Pertamedika Plaju melaksanakan program clino gigi dengan melakukan pemeriksaan gigi bagi 525 anak SD di ring I Pertamina yaitu SD Negeri 262 dan SD Negeri 263, Kecamatan Plaju.

Program clino gigi merupakan salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) bidang kesehatan atau Pertamina sehat dibawah payung program Pertamina Sobat Bumi dengan total anggaran yang digulirkan sebesar Rp145 juta, kata General Manager RU III, Eman Salman Arief di Palembang, Rabu.

Menurut dia, clino gigi diperuntukkan bagi siswa SD agar dapat memiliki pengetahuan serta pemahaman akan pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut sejak usia dini.

Ia mengatakan, gigi dan mulut adalah salah satu organ vital manusia yang patut diutamakan pemeliharaannya.

"Kita berharap program ini dapat meningkatkan kesadaran anak-anak dari umur sedini mungkin untuk dapat merawat gigi mereka agar tetap sehat, dan dapat menjalankan fungsinya hingga dewasa bahkan lanjut usia," katanya.

Ia mengatakan, fisik yang sehat dan bugar akan mampu memacu produktivitas untuk menorehkan prestasi baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Sementara Direktur Rumah Sakit Pertamedika Plaju, Dody Alamsyah menyatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan gigi bagi 525 siswa/siswi di dua sekolah tersebut dan melakukan kegiatan sikat gigi bersama.

Pada hari ini sebanyak 200 siswa dilakukan tindakan baik penambalan maupun pencabutan gigi, ujarnya.

Sementara Kepala SDN 263, Rosalina Simanjuntak mengatakan, pemeriksaan kesehatan gigi para siswa ini pertama kali dilakukan.

"Kami sangat berterima kasih dengan dilaksanakan kegiatan ini, karena berguna bagi anak-anak," tuturnya.

Pada kesempatan itu pihak Pertamina RU III juga memberikan bantuan mobeler ruang belajar dan ruang guru kepada kedua sekolah dengan total nilai bantuan sebesar Rp51 juta.

Kepala SDN 262, Nurshinta RL Tobing menyampaikan terima kasih, karena program seperti clino gigi ini sangat diharapkan masyarakat.

"Dengan bantuan pemeriksaan kesehatan gigi dan sosialisasi ini, manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat khususnya bagi kesehatan anak didik kami," katanya.