Sejumlah desa kecamatan Lubuk Batang terendam banjir

id banjir, desa di Kecamatan Lubuk Batang, meluapnya Sungai Ogan, hujan deras

Sejumlah desa kecamatan Lubuk Batang terendam banjir

Beberapa pelajar SD menggunakan perahu menuju rumah mereka yang digenangi air luapan Sungai. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/Ang/aww)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Sejumlah desa di Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Ogan, menyusul hujan deras terjadi di daerah itu sejak sepekan terakhir.

Diperkirakan dua hari kedepan Kecamatan Peninjauan dan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) juga akan mengalami hal yang sama dan bisa lebih parah, kata Irawan (43) warga setempat di Kecamatan Lubuk Batang Ogan Komering Ulu (OKU), Senin.

Menurut Irawan, tadi pagi luapan Sungai Ogan terus naik dan sampai sore ini di permukiman warga kedalamannya sudah mencapai lutut orang dewasa.

Akibatnya, semua kendaraan roda dua maupun roda empat harus dievakuasi ke jalan raya agar tidak terendam banjir dan hampir semua rumah sudah terendam, katanya.

Menurut dia, kawasan bagian hilir daerah itu sudah mulai terendam air luapan Sungai Ogan sejak tadi pagi lantaran diguyur hujan deras sejak sepekan terahir, sejumlah desa yang sudah direndam banjir di antaranya Desa Lubuk Batang Lama.

"Biasanya kalau hujan terus mengguyur, dipastikan banjir musiman ini akan meluas, bahkan di tiga kecamatan, sebab jika hujan turun di bagian hulu saja dipastikan dibagikan hilir ini akan tenggelam," ungkap Hardi warga Desa Kepayang Kecamatan Peninjauan menambahkan.

Menurut Hardi, jika di Desa Lubuk Batang ketinggian air sudah sebatas lutut orang dewasa, maka di Desa Kepayang akan lebih parah lagi.

Sementara, informasi yang dihimpun di lapangan, tiga kecamatan di OKU yang berada di bagian hilir aliran Sungai Ogan merupakan kawasan langganan banjir, mengingat secara geografis ketiga kecamatan itu yakni Lubuk Batang, Peninjauan dan KPR merupakan kawasan dataran rendah sehingga rawan banjir.

Namun, meskipun sudah menjadi langganan banjir Camat Peninjauan, Feri Iswan mengimbau warganya agar waspada terhadap ancaman banjir yang saat ini sudah masuk wilayah Kecamatan Lubuk Batang.

"Kepada masyarakat Kecamatan Peninjauan agar waspada terhadap banjir yang saat ini sudah masuk wilayah Lubuk Batang, terutama warga Kepayang, Belimbing dan Desa Saung Naga posisinya lebih rendah dari desa-desa lain," kata Feri.