PHRI Sumsel: kunjungan wisman masih bisa ditingkatkan

id kunjungan wisatawan, wisatawan asing, wisman, phri, phri sumsel

PHRI Sumsel: kunjungan wisman masih bisa ditingkatkan

Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Kunjungan wisman di provinsi ini masih bisa ditingkatkan karena daerah ini memiliki cukup banyak objek wisata yang menarik baik wisata alam, budaya, sejarah, maupun wisata kuliner...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan mengatakan kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu masih bisa ditingkatkan.

"Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di provinsi ini masih bisa ditingkatkan karena daerah ini memiliki cukup banyak objek wisata yang menarik baik wisata alam, budaya, sejarah, maupun wisata kuliner," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin, di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, berdasarkan data yang dihimpun dari pengelola hotel dan restoran anggota PHRI, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah ini rata-rata setiap tahunnya 40 ribu orang.

Jumlah kunjungan wisatawan asing (wisman) itu akan terus ditingkatkan dengan membantu pemerintah daerah mempromosikan objek wisata unggulan masing-masing daerah Sumsel ke berbagai negara potensial pasar wisata melalui biro perjalanan wisata, hotel, restoran mitra PHRI, katanya

Menurut dia, upaya peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi yang akan menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018 itu, perlu digalakkan untuk mendukung program pemerintah meningkatkan pendapatan negara/devisa dari sektor pariwisata,

"Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisman ke daerah ini antara lain meningkatkan kerja sama dengan biro perjalanan wisata, pengusaha hotel dan restoran yang ada di luar negeri" ujarnya.

Dalam kondisi jumlah kunjungan wisman sekarang ini, tingkat hunian hotel dan kunjungan restoran sudah cukup baik yakni di atas 60 persen.

Melalui berbagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman tersebut, diharapkan ke depan bisnis perhotelan dan restoran semakin cerah, serta semakin banyak investor tertarik mengembangkan sektor kepariwisataan di provinsi ini, ujar Herlan.