Rosberg rebut gelar formula 1 dari Hamilton

id Rosberg, gelar, formula 1, Hamilton, finis di posisi kedua, Grand Prix Abu Dhabi

Rosberg rebut gelar formula 1 dari Hamilton

Pebalap tim Mercedes, Nico Rosberg saat di podium GP Australia 2014. (thenewage.co.nz)

Abu Dhabi (Antara/Reuters) - Pebalap Jerman Nico Rosberg memenangi kejuaraan dunia Formula 1 untuk pertama kalinya pada Minggu, setelah finis di posisi kedua pada Grand Prix Abu Dhabi yang dimenangi oleh rekan setimnya di Mercedes Lewis Hamilton.

Setelah semua ketegangan dan harapan, balapan ini menyajikan Hamilton mencatatkan kemenangan kesepuluhnya musim ini, dan keempat kalinya secara beruntun, namun ia tidak berdaya untuk menghadang rekan setimnya mengunci gelar juara meski telah mengeluarkan segenap upaya.

Ia berupaya untuk mendorong Rosberg di belakangnya, dengan sengaja melambatkan kecepatan pada putaran-putaran penutup yang membuat para petinggi tim cemas, menghasilkan finis ketat di mana empat pebalap teratas hanya terpaut 1,6 detik.

Rosberg, yang hanya perlu finis di posisi tiga besar untuk memastikan gelar juara dunia, mempertahankan posisinya untuk menjadi juara dunia ketiga asal negaranya setelah Michael Schumacher dan Sebastian Vettel.  
Putra juara 1982 Keke Rosberg ini juga menjadi sosok anak laki-laki dari juara dunia kedua, setelah Damon Hill asal Britania, sempat meraih mahkota serupa.

(H-RF)