Presiden buka pameran waralaba dan UKM

id presiden, Pameran Waralaba, UKM Indonesia , pembukaan pameran, Balai Sidang Jakarta, Konsep franchise, waralaba

Presiden buka pameran waralaba dan UKM

Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

....usaha waralaba dan usaha mikro, kecil dan menengah juga dapat menyerap tenaga kerja sebesar 70 hingga 80 persen....
Jakarta (Antarasumsel.com) - Presiden Joko Widodo membuka Pameran Waralaba dan UKM Indonesia 2016 (Indonesia Franchise & SME Expo/IFSE) di Balai Sidang Jakarta, Jumat, dengan berharap usaha itu dapat menumbuhkan ekonomi kerakyatan di Tanah Air.

"Konsep franchise atau waralaba sebenarnya sangat cocok untuk negara kita, Indonesia. Masyarakat Indonesia sejak lama sudah terbiasa dengan usaha sendiri, buka warung, membuka toko, membuka restauran," kata Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaannya.

Menurut Presiden, usaha waralaba dan usaha mikro, kecil dan menengah juga dapat menyerap tenaga kerja sebesar 70 hingga 80 persen.

Suatu waralaba juga dapat meningkatkan kualitas usaha warga dengan menerapkan standarisasi baik untuk perlengkapan, fasilitas gerai maupun kualitas produk, katanya.

Kepala Negara juga berharap sejumlah waralaba asal Indonesia dapat menembus pasar mancanegara.

"Saya senang sekali kalau sekarang muncul potensi-potensi waralaba di negara kita. Tadi yang sudah ke depan, saya kira ini adalah kekuatan kita yang saya kira nantinya akan diikuti oleh franchise waralaba yang lain " kata Presiden Jokowi mengenai sejumlah waralaba yang mendapatkan penghargaan dari Asosiasi Franchise Indonesia.

Sejumlah pejabat yang hadir dalam pembukaan itu antara lain Menteri Perdagangan Enggartiasto serta CEO (AFI) Anang Sukandar.

Pameran IFSE diselenggarakan pada Jumat hingga Minggu (27/11) yang memamerkan berbagai perusahaan waralaba yang telah melalui proses kurasi dari Asosiasi Franchise Indonesia (AFI).

Pameran tersebut merupakan bagian kegiatan World Franchise Summit Indonesia (WFSI) yang berjalan sejak 22 November 2016.

Perhelatan yang didukung oleh Kementerian Perdagangan tersebut juga akan mengadakan Konferensi Waralaba Internasional pada hari pertama.

Menurut Anang, tujuan acara tersebut untuk mendorong masyarakat umum mengetahui potensi industri waralaba Indonesia sehingga dapat menarik minat menjadi pengusaha "franchise".