Jalan menuju Ogan Ulu Sumsel longsor

id longsor, jalan longsor

Jalan menuju Ogan Ulu Sumsel longsor

Jalan menuju Ogan Ulu Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Kamis mengalami longsor (Foto Antarasumsel.com/Edo Purmana/Parni)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Akses jalan menuju Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan terjadi longsor akibat intensitas hujan cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir ini.

"Beberapa hari ini unsur tiga pimpinan kecamatan setempat gotong-royong membersihkan bahu jalan yang tertutup material longsor berupa batu besar, kayu dan tanah yang menutupi jalan," kata Kapolsek Ogan Ulu Ipda Duarsah AS di Baturaja, Kamis.

Dia menjelaskan di kawasan itu pada sisi kiri dan kanan jalan yang banyak tebing dan jurang juga menjadi rintangan karena kurangnya peralatan yang dibutuhkan sehingga membuat warga harus ekstra kerja keras membersihkan bekas longsor.

Polsek bersama pimpinan kecamatan lainnya dan warga bekerja sama melakukan kerja bakti di jalan masuk ke Kecamatan Ulu Ogan tepatnya di Desa Gunung Meraksa Kecamatan Pengandonan telah melakukan pembersihan material longsor berupa tanah dan batu menutupi sebagian badan jalan.

"Alhamdulillah akses jalan sudah bisa dilalui kendaraan roda empat," kata Duarsah.

Namun, kata dia, longsor bisa terjadi kapan saja apalagi saat ini musim penghujan.

"Longsor kapan pun bisa terjadi, artinya bila tidak waspada nyawa jadi taruhan kami," kata Riko (41) warga setempat.

BMKG Sumatera Selatan mengimbau warga agar waspada terhadap cuaca esktrem, karena dari November hingga Desember 2016 akan berpotensi angin kencang dan kondisi tanah labil yang rentan longsor dan banjir.

Kepada Seksi Informasi dan Data BMKG Provinsi Sumatera Selatan Indra Purna di Palembang, Rabu (23/11), mengatakan hujan deras di wilayah Sumsel adalah cuaca ekstrem yang disebabkan adanya daerah pertemuan dan belokan angin sangat berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor.