Pelemahan dolar AS dorong harga emas naik

id emas, berjangka, harga emas dunia, dolar AS , COMEX New York Mercantile Exchange, penguatan luar biasa

Pelemahan dolar AS dorong harga emas naik

Koin emas (Reuters)

Chicago (Antara/Xinhua) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada Senin (Selasa pagi WIB), karena teknikal "rebound" dan dolar AS lebih lemah.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember naik 1,1 dolar AS, atau 0,09 persen, menjadi menetap di 1.209,8 dolar AS per ounce.

Logam mulia mendapat dukungan setelah dua minggu harganya jatuh, menyebabkan teknikal rebound, dibantu oleh dolar AS yang lebih lemah. Indeks dolar AS turun 0,39 persen menjadi 101,02 pada pukul 19.00 GMT.

Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama. Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar turun maka emas berjangka akan naik, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih murah bagi investor.

Logam mulia juga diletakkan di bawah tekanan ketika Dow Jones Industrial Average naik 88,76 poin atau 0,47 persen pada pukul 20.00 GMT.

Analis mencatat bahwa ketika ekuitas membukukan kerugian, logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat yang aman. Sementara itu, sebaliknya ketika pasar ekuitas AS membukukan keuntungan maka logam mulia biasanya turun.

Investor menunggu minggu depan untuk beberapa laporan ekonomi yang akan memberikan petunjuk untuk  bank sentral berpikir tentang kenaikan suku bunga.

Analis yakin tte Fed akan menaikkan suku bunga dari 0,50 ke 0,75 selama pertemuan FOMC Desember. Menurut alat Fedwatch CME Group, probabilitas tersirat saat ini untuk menaikkan suku bunga dari 0,50 menjadi setidaknya 0,75 adalah pada 95 persen di pertemuan Desember dan 96 persen untuk pertemuan Februari.

Perak untuk pengiriman Desember turun 10,3 sen, atau 0,62 persen, menjadi ditutup pada 16,521 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari naik 14,5 dolar AS, atau 1,57 persen, menjadi ditutup pada 936,50 dolar AS per ounce.