Prajurit TNI Riau waspada potensi ganggu NKRI

id prajurit, tni, wadah NKRI, ntarumat beragama, persatuan, kesatuan bangsa, Danrem 031/Wirabima

Prajurit TNI Riau waspada potensi ganggu NKRI

Ilustrasi (ANTARA FOTO)

Pekanbaru (Antarasumsel.com) - Danrem 031/Wirabima Brigjen Nurendi MSi (Han) memberikan arahan kepada seluruh prajurit dan jajaran PNS agar mewaspadai berbagai potensi yang dapat mengganggu kesatuan dan persatuan bangsa khususnya di wilayah Provinsi Riau.

"Kita sebagai bagian dari segenap komponen bangsa diharapkan agar selalu waspada guna mengantisipasi dan menangkal berbagai upaya kebangkitan kembali ajaran komunis," kata Brigjen Nurendi, di Pekanbaru, Selasa.

Danrem menjelaskan, mencermati perkembangan situasi akhir-akhir ini dengan adanya kelompok berpaham radikal yang selalu memaksakan kehendaknya untuk merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dia mengingatkan adanya ancaman terganggu solidaritas kerukunan antarumat beragama, persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI.

"Maka dari itu diharapkan kepada seluruh prajurit dan PNS jajaran Korem 031/Wirabima agar lebih proaktif dalam membantu pengawasan dan upaya pencegahan sebagai langkah antisipasi terhadap bahaya laten komunis dan paham radikal itu," ujarnya lagi.

Selanjutnya, katanya pula, arahan itu sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo yang juga dihadiri oleh Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo pada apel danrem/dandim terpusat di Secapa Angkatan Darat  pada 15 november 2016 yang lalu.

"Aparat teritorial harus mampu membantu penjabaran Program Nawacita pemerintah melalui optimalisasi tiga pilar desa, yaitu babinsa, babinkamtimas, dan kepala desa dalam hal deteksi dini dan cegah dini atas berbagai potensi permasalahan yang dapat timbul dan mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa," kata dia pula.