KPU uji kelayakan dan kepatutan calon sekretaris

id KPU, sekertaris, uji kelayakan, kepatutan, tiga calon sekretaris, Komisioner, Ahmad Naafi

KPU uji kelayakan dan kepatutan calon sekretaris

Komisioner KPU Sumsel Ahmad Naafi. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

Palembang (Antarasumsel.com) - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan melakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada tiga calon sekretaris KPU pada hari ini (Senin, 21/11).

"Pada hari ini kita melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap tiga orang calon sekretaris KPU Sumsel," kata Komisioner KPU Sumsel Ahmad Naafi di Palembang, Senin.

Menurut dia uji kelayakan dan kepatutan itu dilakukan oleh lima komisioner KPU Sumsel.

Adapun pertanyaannya menyangkut pada komitmen pada peraturan dan perundang-undangan dan kemampuan dalam hal manajerial, kepemimpinan, kepemiluan, pengadaan barang dan jasa, keuangan dan kepegawaian.

Di samping itu dilakukan pula penilaian menyangkut teknis presentasi masalah, sistematika alur, substansi masalah, ujarnya.

Ia mengatakan setelah dilakukan uji kelayakan dan kepatutan, maka KPU Sumsel akan menetapkan ranking tiga besar calon pada hari ini juga, selanjutnya 23 November 2016 akan menyampaikan hasil kepada sekretaris jenderal KPU RI di Jakarta untuk segera ditetapkan satu sekretaris terpilih.

"Kita harapkan sudah dilantik sekretaris baru awal Desember mendatang mengingat sekretaris lama telah memasuki masa pensiun 1 Desember mendatang," katanya.

Ketiga calon sekretaris tersebut yaitu H MS Sumarwan, Tjik Ujang Effendi dan Fatoni.