RSUD Ogan Ilir persiapkan pelayanan operasi

id rumah sakit, ruang operasi, Daerah Ogan Ilir, pelayanan kesehatan,

RSUD Ogan Ilir persiapkan pelayanan operasi

Salah satu ruangan rumah sakit yang disiapkan buat pasien sebelum operasi. (ANTARA FOTO)

Palembang (Antarasumsel.com) - Rumah Sakit Umum Daerah Ogan Ilir, Sumatera Selatan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kabupaten setempat, seperti menyiapkan pelayanan operasi.

"Selama ini jika ada pasien yang membutuhkan operasi penyakit dalam dan saat akan melahirkan (caesar) harus dirujuk ke rumah sakit di Palembang, pelayanan operasi tersebut diharapkan pada 2017 sudah bisa dilakukan di daerah ini," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ogan Ilir drg Irma Novianty di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) itu, saat ini sedang dilakukan penambahan peralatan medis dan dokter spesialis.

"Selain peralatan penunjang operasi, kami berupaya menambah dokter spesialis untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di kabupaten setempat, sehingga tidak perlu lagi dirujuk ke rumah sakit umum yang ada di Palembang," ujarnya.

Menurut dia, RSUD Ogan Ilir sekarang baru memiliki tiga dokter spesialis yakni dokter spesialis penyakit dalam, bedah, spesialis anak, kebidanan dan kandungan.

Kekurangan peralatan dan dokter spesialis secara bertahap diupayakan penambahan dan diharapkan dapat terpenuhi pada tahun depan dan bisa dimulai pelayanan operasi sesuai target yang diharapkan Plt Bupati Ogan Ilir H.M Ilyas Panji Alam.

Selain pelayan operasi, pihaknya juga segera melakukan penambahan fasilitas pelayanan kesehatan seperti peralatan untuk pemeriksaan korban tindak kejahatan (visum), laboratorium serta beberapa peralatan untuk pelayanan rawat inap dan jalan, kata Irma.