PTSB Raih predikat BUMN terbaik sektor industri semen

id ptsb, semen baturaja

PTSB Raih predikat BUMN terbaik sektor industri semen

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk pada HUT ke-42 di Baturaja, Kamis (Foto antarasumsel.com/Edo Purmana/Parni/Adv)

....Berbagai predikat yang berhasil diraih dikarenakan peningkatan prestasi kinerja perusahaan PTSB....
Baturaja (Antarasumsel.com) - PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Kabupaten Ogan komering Ulu, Sumatera Selatan mendapat banyak apresiasi dari pemerintah maupun publik dengan predikat perusahaan BUMN terbaik I bidang non keuangan sektor industri semen dari majalah Investor.
    
Perusahaan itu mendapat penghargaan sebagai BUMN paling tertib membayar iuran, dan iuran terbanyak dari BPJS Kesehatan, kata Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Ogan Komering Ulu (OKU), Ir Pamudji Rahardjo di Baturaja, Kamis.

Selain itu, kata Pamudji, perusahaan tersebut juga meraih peringkat ke-2 kelompok usaha semen sektor industri dasar dan kimia pada Anugerah perusahaan terbuka (tbk) ke-III oleh majalah Ekonomic Review dan IPMI, serta penghargaan the fastest asset growth company in cement industry kategori silver pada Indonesia Living Legend Companies Award dari harian Warta Ekonomi.

Serta penghargaan perusahaan dengan predikat “sangat bagus” dalam kategori BUMN industri non keuangan dari masajalah Infobank, katanya.

Pamudji mengatakan, saat ini perusahaan sedang dihadapkan dengan kondisi industri semen nasional yang belum mengalami kenaikan signifikan pada akhir kuartal III hanya mencatat pertumbuhan penjualan 3,8 persen data asosiasi Indonesia menunjukkan bahwa total suplai semen nasional kuartal III 2016 mencapai 43,1 juta ton, sedangkan konsumsi produksi nasional diperkirakan mencapai 45,9 juta ton semen.

Kondisi tersebut, kata dia, memberikan tekanan kepada seluruh produsen semen di Indonesia untuk berusaha memperluas pangsa pasar dengan berbagai cara ditambah diproyeksikan dengan mulai beroperasinya pabrik-pabrik baru dan masuknya produsen semen asing.

"Kapasitas produksi suplai semen nasional hingga akhir 2016 diperkirakan mencapai 77,62 juta ton, sedangkan total produksi pada 2017 diprediksi meningkat menjadi 96,23 juta ton semen per tahun," jelasnya.

Namun meskipun demikian, Pamudji berkeyakinan dengan kinerja karyawan yang solid perusahaan mampu menyelesaikan segala rintangan terlebih ketika pabrik Baturaja II saat ini sedang dibangun sudah selesai dan siap beroperasi secara komersil.

Dikatakannya, saat ini PT Semen Baturaja (PTSB) sedang melakukan pembangunan pabrik Baturaja II dengan kapasitas 1,85 juta ton semen yang dijadwalkan diselesaikan pembangunannya pada akhir semester 1 tahun 2017.

"Pembangunan proyek pabrik Baturaja II ini memerlukan dana sekitar Rp3,4 triliun berasal dari dana IPO (Initial Public Offering) sebesar Rp1,27 triliun, pinjaman perbankan sebesar Rp1,3 triliun dan sisanya menggunakan dana sendiri," ujarnya.

Berbagai predikat yang berhasil diraih dikarenakan peningkatan prestasi kinerja perusahaan, PTSB sendiri telah banyak mengalami dinamika di berbagai bidang seperti operasi, keuangan dan lainnya bertujuan untuk meningkatkan coporate value.

Seiring dengan peningkatan kinerja tersebut, lanjut dia, kontribusi PTSB untuk mitra kerja salah satunya program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) kepada masyarakat tentunya akan ditingkatkan lagi guna kemajuan bersama.

"Sepanjang 2016, berbagai kegiatan bidang CSR telah kami laksanakan seperti sebagai sponsor gerakan lingkungan dengan berdirinya Bank Sampah Baturaja, pemberian sembako gratis dan pasar sembako murah, bantuan beasiswa, fasilitas bagi sekolah serta perguruan tinggi" katanya. 

Kegiatan sosial juga dilaksanakan perusahaan seperti pemberian bantuan dana pembangunan atau renovasi tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya, pelatihan keterampilan, pemberian bibit pohon, bantuan korban bencana alam serta pembinaan usaha kecil menengah di wilayah itu.

Berbagai lomba berhadiah untuk masyarakat juga dilaksanakan oleh perusahaan pada perayaan HUT ke-42 seperti  Open Tournament Voli, Open Tournament Gaple, Bulutangkis, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Futsal Antar Direktorat, Karaoke Star, Festival Rebana, Festival Anak Soleh, Lomba Make Up dan Hijab Kreasi, Peragaan Busana Nasional, dan Donor Darah Massal, .

Kemudian, puncak acara ramah tamah Perayaan Hari Ulang Tahun PTSB Ke-42 ini diselenggarakan di tiga site secara berturut-turut mulai dari Site Lampung pada Senin (7/11), Site Palembang Rabu (9/11) dan Site Baturaja di Gedung Islamic Centre Baturaja pada Minggu (13/11) berlangsung sukses dan meriah.

Ada yang unik dari Perayaan HUT PTSB kali ini, selain pemberian cinderamata ditandatangani Direktur Utama PTSB Pamudji Rahardjo dan Wakil Bupati OKU Johan Anuar, ada juga pemotongan tumpeng terbuat dari kue oleh kedua pejabat tersebut. 

Berbagai macam doorprize membanjiri gedung Islamic Centre malam itu. Acara ini dihadiri langsung oleh Dirut Pamudji Rahardjo, Agus Wahyudin (Direktur Produksi dan Pengembangan), Ageng Purboyo Anggrenggono (Direktur Keuangan), Rusniawati Alie (Direktur Pemasaran), Romlan Kurniawan (Direktur Umum dan SDM), Johan Anuar (Wakil Bupati OKU), Kiki Rizki Yoctavian (Komisaris), Karyawan/ti dan Purnabhakti PTSB, unsur Muspida OKU, dan juga mitra kerja perusahaan.

“Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi di antara keluarga besar PTSB dengan masyarakat dan mitra,” paparnya.

Sementara, sebelumnya pada Senin (14/11) PTSB  pemberian tanda jasa dan setya karya kepada karyawan PTSB yang mempunyai masa bakti kerja 10 hingga 35 tahun dipusatkan di Baturaja, sebagai penutup rangkaian acara.(Adv)